Berita Bekasi Nomor Satu

Proyek SPAM Bikin Pengendara Belingsatan

MACET: Sejumlah pengendara terjebak macet di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Medan Satria, Kota Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Proyek pengerjaan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur di Jalan I Gusti Ngurah Rai, terus berjalan. Imbas pembangunan tersebut membuat pengguna jalan belingsatan karena kerap terjebak kemacetan.

Dinas Perhubungan Kota Bekasi sedianya telah melakukan perpanjangan rekayasa lalu lintas contraflow di jalan tersebut untuk mengurai terjadinya kemacetan. Namun rekayasa tersebut tak manjur dalam mengurai kepadatan arus lalulintas yang ada.
Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi Teguh Indrianto mengatakan, pihaknya melakukan perpanjangan contraflow yang awalnya sekitar 170-200 meter diperpanjang jadi 400 meter.

“Memang pada saat awal pelaksanaan contraflow memang terjadi kemacetan yang panjang dan complainya dari warga Perumahan Griya Bintara Indah,” ucap Teguh, Senin (15/1).

Karena keluhan itu, pihaknya langsung meninjau ke lokasi bertemu dengan pelaksanaan pengerjaan SPAM untuk mencari solusi agar bisa menyelesaikan persoalan macet tersebut.

“Alhamdulillah, sampai dengan kemarin beberapa kali lewat sana sih termasuk pagi di hari kerja saya lewat sana masih batas normal antreannya, masih mengalir, engga ada kuncian. Nah kalo awal awal pelaksanaan memang terjadi kuncian disitu, akhirnya kita sesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada,” ucap Teguh.

BACA JUGA: Relokasi Intake SPAM Teluk Buyung Perumda Tirta Patriot Masih Berproses, Puskappi Minta Mendagri Evaluasi Kinerja Pj Walkot Bekasi Raden Gani

Sementara itu, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Idi Susanto mengatakan, untuk persentase pengerjaanya SPAM Jatiluhur pihaknya tidak mengetahui secara detail, karena kewenangan pengerjaan di pemerintah pusat.

“Waduh itu dari pusat, jadi mereka yang tau lah. Kita kan fasilitasi, kalau ada kerusakan di jalan, itu kan Proyek Strategis Nasional mereka yang naungi,” kata Idi, Senin.

Adapun kata Idi, jika Pengerjaan SPAM Jatiluhur berdampak pada kerusakan jalan, pihaknya bakal meminta pertanggungjawaban, dan berkoordinasi dengan pelaksana di lapangan.

Sejauh ini kata dia, setelah pengerjaan proyek SPAM yang rusak sudah diperbaiki, seperti di Jalan Hasibuan, Jalan Kemakmuran, Margajaya, Bekasi Selatan.

“Di jalan Hasibuan waktu pemasangan crossing juga udah selesai di perbaiki. terus dibelakang Pemkot juga mereka kontribusi pendestrian kita jadi baru dan lebih bagus areanya,” pungkasnya. (rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin