Berita Bekasi Nomor Satu

Serius Kejar WTP

RAPAT: Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad, saat memimpin rapat dengan SKPD terkait.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bekasi diminta untuk serius dalam mempersiapkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023. Hal ini menjadi salah satu pembahasan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh setiap perangkat daerah dalam penyusunan LKPD tahun anggaran 2023. Mulai dari laporan realisasi anggaran, perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, arus kas, perubahan ekuitas, hingga catatan atas laporan keuangan.
Terkait dengan LKPD ini, Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad tegas meminta semua perangkat daerah untuk mempersiapkan tujuh komponen tersebut. Dengan harapan laporan keuangan pemerintah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Pastikan semua perangkat daerah menyerahkan setiap komponen tersebut tanpa ada kekurangan, dengan rapih sesuai dengan ketentuan, agar harapannya pemerintah kota Bekasi dapat meraih opini wajar tanpa pengecualian di tahun ini,” ungkapnya.

Selain laporan keuangan, rapat tersebut juga membahas langkah strategis capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2024. Aplikasi yang dimiliki oleh Pemkot Bekasi dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak harus dioptimalkan.

Gani meminta kepada OPD terkait mengevaluasi penerapan aplikasi-aplikasi tersebut.

“Perlu dilakukan evaluasi terhadap segala penetapan aplikasi percepatan tersebut, sampai sejauh mana signifikansinya terhadap pemenuhan target pendapatan daerah dan lakukan upgrade agar aplikasi-aplikasi tersebut dapat terus berkembang dan berdampak maksimal,” tambahnya. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin