Berita Bekasi Nomor Satu

Gerindra Kabupaten Bekasi Kebut Pelatihan Saksi

Aria Dwi Nugraha

RADARBEKASI.ID, BEKASI Jelang waktu pencoblosan Pemilu  14 Februari 2024, DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Bekasi melakukan pemantapan saksi yang bakal bertugas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pelatihan diberikan kepada saksi terkait tugas dan peran mereka di lapangan. Pelatihan kepada dua orang saksi setiap TPS ini berlangsung di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil).

Pelatihan saksi yang berada di Dapil VII ini berlangsung di Hotel Java Palace dan dipimpin langsung Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha. Dapil yang mencakup Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur, dan Cikarang Selatan ini, merupakan ‘arena tarung’ Aria Dwi Nugraha, dalam upaya mempertahankan kursi wakil rakyatnya pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

“Hari ini kita di wilayah Dapil VII (tujuh), kalau Cikarang Timur sudah selesai, tinggal di Cikarang Utara dan Cikarang Selatan. Kita melaksanakan pelatihan saksi, yang juga diikuti oleh beberapa kewilayahan,” ujar Aria, usai memberikan sambutan dalam pelatihan saksi Dapil VII, belum lama ini.

BACA JUGA: Mendekati Pencoblosan, Partai Gerindra Perkuat Kerja Tim

Dalam pelatihan saksi ini kata Aria, dibagi ke beberapa tim di semua wilayah. Pelatihan saksi yang dijalankan partainya ini, untuk memantapkan bagaimana tugas dan fungsi saksi setiap TPS masing-masing. Pasalnya, tidak ada tawar menawar bahwa saksi Partai Gerindra harus hadir di setiap TPS untuk mengawal Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg).

Namun, Aria tidak membeberkan materi apa saja yang dibahas dalam pelatihan saksi tersebut. Secara garis besar, kata dia, pembahasan mengenai tugas dan fungsi saksi. “Kita menginginkan, selain tugas dan fungsi saksi mengawal atau menjaga suara di TPS. Tapi dia juga harus mampu memproduksi suara untuk pemenangan Pak Prabowo Subianto dan Partai Gerindra di Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Sebelum pemantapan saksi ini, Aria memastikan, partainya terlebih dulu sudah melakukan pembinaan, kemudian rekrutmen sejak tahun lalu, yang dimulai dari konsolidasi Dapil hingga kecamatan. Saksi-saksi ini dari berbagai kalangan. Tetapi mayoritas dari kalangan pemuda. Pada Pemilu 2024, jumlah TPS se Kabupaten Bekasi sebanyak 8.404. Dengan kalkulasi dua orang setiap TPS, maka jumlah saksi yang sudah direkrut Partai Gerindra secara keseluruhan sebanyak 16.834.

“Bulan Januari kita selesaikan pemantapan dalam pelaksanaan saksi menjalankan tugas dan fungsinya di TPS. Kita sudah melakukan diklat koordinator kecamatan, diklat koordinator desa, sebelumya infrastruktur kecamatan pengurus desa, sampai koordinator saksi (Korsak). Persatu Korsak itu membawahi 13 TPS, itu sudah semuanya. Maka sekarang tinggal pelatihan saksi kita di TPS,” jelasnya. (pra/adv)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin