Berita Bekasi Nomor Satu

FIFA Tunjuk Stadion MetLife New York Venue Final Piala Dunia 2026

Stadion MetLife di New York/New Jersey akan menjadi venue laga final Piala Dunia 2026. (Sam Schwartz)

RADARBEKASI.ID, NEW YORK – FIFA resmi mengumumkan Stadion MetLife di New York/New Jersey, Amerika Serikat menjadi venue laga final Piala Dunia 2026 pada 19 Juli 2026.

Tiga negara ditunjuk FIFA menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia 2026, yaitu Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.

Ajang sepak bola terbesar itu akan diselenggarakan di 16 Kota di 3 negara tersebut. Di antaranya Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area, Seattle, Toronto, dan Vancouver.

BACA JUGA: FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17

New York mengalahkan tantangan dari Dallas. Rangkaian Piala Dunia 2026 akan dimulai dengan pertandingan pembuka di Stadion Azteca di Mexico City pada 11 Juni 2026.

FIFA mengumumkan keputusan resmi pelaksanaan Piala Dunia 2026 itu pada Minggu (4/2/2024) waktu setempat atau Senin (5/2/2024) dini hari WIB.

Panitia penyelenggara FIFA telah mengumumkan, Final Piala Dunia 2026 bakal digelar di Stadion MetLife di New York/New Jersey pada 19 Juli 2026.

BACA JUGA: Arab Saudi Resmi Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2027

Dilansir dari Antara, Presiden FIFA Gianni Infantino menekankan Piala Dunia 2026 akan menjadi yang paling inklusif dan berdampak dalam sejarah, dengan 104 pertandingan yang akan tersebar di 16 stadion di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Atlanta dan Dallas dipilih sebagai lokasi laga semifinal, sementara pertandingan perebutan peringkat ketiga akan diselenggarakan di Miami. Pertandingan perempat final juga akan menarik perhatian, diadakan di Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston.

Sementara itu, putaran 16 besar pada 4 Juli 2026 akan menjadi momen khusus, diperingati di Philadelphia, tempat penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan AS.

BACA JUGA: Tutup Tahun 2023, Peringkat Indonesia 146, Argentina Posisi Puncak FIFA

Stadion MetLife, yang mampu menampung 82.500 penonton, diantisipasi akan menjadi saksi dari sebuah final yang spektakuler dalam Piala Dunia 2026, menciptakan momen bersejarah dalam dunia sepak bola dengan atmosfer yang luar biasa dan kesan yang tak terlupakan bagi para penonton.

Pengumuman Stadion MetLife di New York/New Jersey sebagai tuan rumah laga final Piala Dunia 2026 oleh panitia penyelenggara FIFA baru-baru ini disambut dengan antusiasme yang besar oleh masyarakat penggila bola, menandai momen bersejarah dalam persiapan untuk turnamen sepak bola paling prestisius di dunia.

Keputusan ini diumumkan melalui siaran langsung televisi di Amerika Utara, dengan kehadiran tokoh terkenal seperti Kevin Hart, Drake, dan Kim Kardashian, bersama Gianni Infantino.

BACA JUGA: JIS Masuk Daftar Presiden Jokowi Lokasi Stadion Layak Piala Dunia U-17

Piala Dunia 2026 akan memecahkan rekor sebagai turnamen terbesar dengan partisipasi 48 tim, melibatkan total 104 pertandingan. Ekspansi ini membuka kesempatan bagi 16 kota tuan rumah, termasuk Atlanta, Boston, Dallas, Los Angeles, Mexico City, New York-New Jersey, dan Vancouver.

Stadion Azteca di Mexico City, yang menjadi tuan rumah final pada 1970 dan 1986, akan kembali menjadi pusat perhatian sebagai stadion pertama yang menyelenggarakan tiga turnamen Piala Dunia dalam tiga edisi yang berbeda.

Selain itu, Piala Dunia 2026 akan merayakan perayaan ulang tahun kemerdekaan AS yang ke-250, menambah semarak pada aura prestisius turnamen sepak bola ini. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin