Berita Bekasi Nomor Satu

Sambut Tahun Naga dengan Sederhana

IBADAH: Warga Tionghoa melaksanakan ibadah menyambut perayaan Imlek di Klenteng Hok Lay Kiong, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Sabtu (10/2). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tahun Kelinci Air telah berakhir. Pada 10 Februari kemarin, kita telah mulai mengarungi tahun Naga Kayu. Dalam perayaannya mengarungi tahun baru, Klenteng Hok Lay Kiong berdandan secara sederhana.

Nuansa merah dan emas nampak memenuhi setiap sudut area klenteng Hok Lay Kiong yang terletak di Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Pantauan Radar Bekasi pada Sabtu (10/2) pagi, warga keturunan Tionghoa hilir mudik melakukan Sembahyang.

Ramainya warga ini sudah dimulai sejak Jumat (9/2) malam. Momen yang dinantikan dalam kalender Tionghoa kali ini bertepatan dengan tahun Pemilu, Imlek jatuh tepat beberapa hari menjelang pemungutan suara. Menjaga kondusifitas pelaksanaan hajat demokrasi menjadi alasan perayaan kali ini dibuat sederhana, bahkan pada saat Cap Go Meh.

“Perayaan pawai Cap Go Meh Kota Bekasi ditiadakan tahun 2024 ini. Menjaga kondusifitas Pemilu, acaranya hanya persembahyangan,” kata Ketua Yayasan Pancaran Tridharma, Ronny Hermawan.

BACA JUGA: Little Dragon

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada 2023 lalu dirayakan dengan beragam kegiatan, mulai dari kirab budaya, panggung hiburan, hingga bazar.

MERIAH: IMLEK : Suasana Imlek di lingkungan Klenteng Hok Lay Kiong, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Sabtu (10/2) dipenuhi pernak-pernik khas Tiongkok. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

Bukan hanya tahun ini saja, perayaan sederhana hingga tidak adanya pawai Cap Go Meh juga pernah terjadi pada saat Indonesia dirundung Pandemi Covid-19.

“Tidak ada perayaan khusus di klenteng, ya biasa saja, dan umat yang datang kesini fokus sembahyang seperti biasa,” ungkap Ketua Klenteng Hok Lay Kiong, Benny Gunawan.

Benny menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjaga kondusifitas Pemilu. Apalagi, perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini berdekatan dengan hari pemungutan suara pada Pemilu 2024.

Ia berharap di tahun Naga Kayu ini segala sesuatunya berjalan dengan baik, mulai dari aspek kesehatan, kemakmuran, hingga perdamaian umat. Tidak lupa, besar harapannya Indonesia menjadi negara maju, pesta demokrasi juga berjalan lancar.

“Mudah-mudahan di tahun naga ini semuanya bisa jauh lebih baik. Apakah dari sisi kesehatan dan sebagainya, dan yang utama Pemilu bisa berjalan dengan baik,” tambahnya. (sur)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin