Berita Bekasi Nomor Satu

Kelurahan Aren Jaya Gelar Lomba TPS Unik

DEKORASI : Warga mendekorasi tempat pemungutan suara (TPS) untuk lomba tps unik di Jalan Buton, Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (12/2). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kelurahan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, menggelar lomba Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik saat Pemilu 2024, besok (14/2). Tak ayal, warga pun antusias mengikuti lomba tersebut.

Lurah Aren Jaya Pra Fitri Angelia mengatakan, perlombaan TPS unik ini merupakan upaya untuk mendongkrak partisipasi pemilih dalam kontestasi Pemilu 2024. Saat ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kelurahan Aren Jaya sebanyak 49.879 suara.

“Saya memberikan apresiasi buat rekan-rekan KPPS yang sudah berdedikasikan dirinya untuk membantu pemilu ini lebih menarik lagi, karena memang tujuan kami adalah Aren jaya no golput,” kata Pipit sapaan akrabnya, Senin (12/2).

Adapun penilaiannya, kata Pipit, panitia akan memberikan nilai terhadap tingkat kreativitas dan kekompakan panitia di masing-masing TPS.

“Penilaianya gak banyak banyak, kekompakan di tps itu, terus dari cantik warnanya, senada apa yang dipergunakannya, sama dari antusias warganya juga, saya nilainya seperti itu aja,” katanya.
Dia mengatakan lomba TPS unik di wilayahnya melibatkan 184 TPS dengan penilaian dari lima dewan juri yang sudah dibentuk.

“Total tps di Aren Jaya itu ada 189 TPS, tapi yang diikutsertakan lomba ada 184 TPS, karena 5 TPS ada di daerah khusus di lapas bulak kapal,” ungkap dia.

“Biar bagaimana pun kita juri ada lima, saya (lurah), sekel (Sekretaris Kelurahan), dan kasi kasi (Kepala Seksi), jadi perbandingan 5 orang tersebut kita ambil suara vote terbanyak,” sambungnya.

Untuk juara I, II dan III, pihaknya telah menyiapkan beragam hadiah uang tunai senilai Rp 1 Juta, Rp 750 ribu dan Rp 500 ribu. Uang hadiah tersebut, kata Pipit, uang dari pribadi dirinya.

“Karena memang dari anggaran pribadi saya yang penting bisa support lah. Karena belum tentu 5 tahun kedepan saya bisa jadi lurah, yang paling penting bisa menarik warga untuk datang ke tps, dan berharap siapapun pemenangnya nanti tidak ada kekecewaan,” ucapnya.

BACA JUGA: Tenaga Medis Kabupaten Bekasi Bakal Siaga di Setiap TPS

Pipit menjelaskan, masing-masing TPS dibekali dana operasional dari KPU sebesar Rp 4,7 juta, uang tersebut dipergunakan untuk membangun tenda dan makam minum petugas.

“Jadi nanti menarik dan lain halnya itu masing masing mereka punya selera ya, masing masing punya kreativitas dan ide, jadi dari uang segitu mereka pergunakan bukan hanya untuk tenda tapi untuk makan minum beliau beliau juga,” paparnya.

Pipit berharap, di tahun pemilu 2024 ini warga Aren Jaya tingkat partisipasinya tinggi, dan siapapun pemenangnya bisa diterima dengan lapang dada.

“Semoga cuacanya baik, masyarakat tidak males untuk datang ke TPS, dan kita berdoa juga semoga pemilu 2024 lancar, tingkat partisipanya tinggi. Semua bisa terealisasi ga ada masalah apapun di bawah semuanya bisa menerima hasil apapun, karena siapapun yang memimpin insa allah itu yang terbaik dari Tuhan YME,” bebernya.

Ketua KPPS TPS 156 Kelurahan Aren Jaya, Noviana mengatakan, TPS yang dibuatnya mengusung tema Valentine. Karena, kata dia, bertepatan dengan hari kasih sayang.

“Hari kasih sayang, jadi hati kita berbunga bunga, makanya warnanya juga pastel, sesuai hati kita yang soft, kasih sayang itu banyak ya, cinta pada tanah air jadi seperti pas banget momennya lah,” katanya.

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Siapkan Hadiah untuk TPS Menarik

Dirinya mengatakan pengerjaan itu dilakukan oleh empat orang yang didominasi oleh ibu ibu, dan selesai dikerjakan H-1 sebelum pencoblosan.

“Karena kapan lagi kita mau berpartisipasi untuk pesta demokrasi, jadi kita ada waktu, kita gunakan sebaik mungkin, semeriah mungkin, Insya Allah besok sudah kita pasang semua,” ujarnya.

Dirinya berharap, masyarakat bisa dateng ke tps berbondong-bondong untuk memeriahkan pesta demokrasi ini.

“Diharapkan warga bisa hadir semua, tidak ada yang golput kita harapkan riang gembiralah pokoknya, ucapnya. (rez)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin