Berita Bekasi Nomor Satu

Keberagaman Indonesia Berkilau di TPS 031 Perumahan Bima Asri Tambun

ANTRE: Sejumlah warga kompak mengenakan pakaian adat saat antre menggunakan hak pilih dalam Pemilu di TPS 031 Perumahan Bima Asri Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Rabu (14/2). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ratusan warga berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 031 di Perumahan Bima Asri Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan, Rabu (14/2) untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024.

Sebagian besar dari mereka mengenakan beragam pakaian adat nusantara, mulai dari Tapanuli, Sumatera, Kalimantan, Bali, Jawa, Padang, hingga Nusa Tenggara Timur.

Ketua RW 08 Perumahan Bima Asri, Suwandi, mengungkapkan TPS 031 mengusung konsep pesta dengan tema Bhineka Tunggal Ika sebagai bentuk keberagaman masyarakat Indonesia. Baik panitia TPS maupun warga yang memilih menggunakan pakaian adat, dengan tujuan untuk mempererat hubungan antarwarga sekitar.

BACA JUGA: 600 Surat Suara DPRD Provinsi di 6 TPS Bojong Rawalumbu Bekasi Hilang

“Jumlah pemilih sebanyak 299, semua warga Bima Asri RW 08. Semoga ini bisa membawa kebaikan keberkahan bagi kita semua dan menjadi inspirasi kita semua bagaimana keberagaman, perbedaan pilihan tidak menjadi masalah yang penting guyub dan rukun,” ujar Suwandi.

Selain mengenakan pakaian adat, ibu-ibu warga perumahan juga menampilkan tarian pendek dari berbagai jenis tarian Indonesia yang diiringi musik Wonderland Of Indonesia.

Seperti Yuli Wibowo, yang mengenakan pakaian adat khas Dayak Kalimantan Timur, menyampaikan, tujuannya untuk memperkenalkan pakaian adat dan tarian Indonesia kepada anak-anak yang hadir bersama orangtua mereka untuk mencoblos di TPS 031.

BACA JUGA: 15 Negara Asing Pantau Coblosan dan Penghitungan Suara TPS di Aren Jaya Bekasi

“Kalau mau lihat suku apapun ada di sini. Beranjak dari situ makanya kami semua bersama datang dengan pakaian adat masing-masing. Dari situ kelihatan beragamnya Indonesia yang ada di TPS 031. Biar anak-anak kita juga tau kalau kita punya ragam busana daerah bukan cuma drama korea. Dari sini mereka melihat indahnya busana Indonesia,” tutur Yuli.

Sementara itu, Camat Tambun Selatan, Sopian Hadi, mengapresiasi cara warga RW 08 menarik perhatian masyarakat agar memilih pilihan mereka. Menurutnya, TPS 031 dapat menjadi contoh bagi TPS lain di Kabupaten Bekasi pada Pemilu mendatang.

“Memang inilah antusias warga bahwa di TPA 031. Mudah-mudahan menjadi contoh yang lain di Kabupaten Bekasi dan seluruh Indonesia, karena beraneka ragam perumahan ada di sini. Mereka dapat mencontohkan rukun guyub yang ada di lingkungan ini, mereka antusias paling tidak kebersamaannya yang patut kita contoh,” tandas Sopian. (ris)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin