Berita Bekasi Nomor Satu

Harga Telur – Cabai Terus Naik di Bekasi

NAIK HARGA: Pedagang membenahi cabai rawit merah di Pasar Induk Cibitung, Kamis (22/2). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kenaikan harga beras berdampak pada kenaikan harga komoditas lain seperti telur dan cabai merah selama beberapa pekan terakhir.

Kenaikan harga telur dipicu oleh kenaikan harga pakan ayam, sementara harga cabai merah disebabkan oleh intensitas hujan tinggi. Diperkirakan kenaikan akan berlanjut hingga bulan Ramadan.

Distributor telur di Desa Cibuntu Kecamatan Cibitung, Al Jupri, mengungkapkan dalam sepekan harga telur ayam bervariasi antara Rp26.500 hingga Rp27.000 per kilogram pada tingkat distributor. Di tingkat pengecer, harga mencapai Rp28.000 hingga Rp29.000 per kilogram, dengan fluktuasi harian sekitar Rp300 sampai Rp500.

“Tapi kecenderungannya naik, apalagi mau puasa. Bisa jadi di pengecer tembus Rp30.000,” ujar Jupri di Cibitung, Kamis (22/2).

BACA JUGA: Kenaikan Harga Beras: Pedagang di Bekasi Alami Modal Bertambah, Keuntungan Berkurang

Kenaikan harga kedua komoditas ini terus meningkat menjelang bulan Ramadan. Menurutnya, stok telur ayam tidak berkurang. Namun, kenaikan harga pakan menjadi penyebab kenaikan harga telur. Karena harga pakan yang naik, kata Jupri, banyak peternak yang akhirnya memotong ayamnya lantaran asupan pakan yang kurang.

“Sekarang harga jagung Rp10.000 per kilogram. Itu jadi pakan ayam yang sudah lama naik, jadi banyak peternakan kecil yang kesulitan, jadinya peternak banyak kesulitan sampai akhirnya itu harga naik. Makanya harapannya itu harga jagung dinormalkan lagi biar enggak ngerembet ke yang lain,” tambahnya.

Dampak dari kenaikan harga ini menyebabkan penurunan penjualan telur dari 15 ton per hari menjadi 13 ton. Jupri berharap agar harga jagung dapat normal kembali untuk menghindari dampak lebih lanjut.

BACA JUGA: Dua Dinas ‘Gerilya” Stabilkan Harga Beras

“Karena pasar biasanya perlu penyesuaian. Bilamana harganya sudah stabil tidak turun naik, biasanya penjualan normal lagi. Apalagi mau puasa,” ujar Jupri.

Terpisah di Pasar Tambun, pedagang sayuran, Iwan mengonfirmasi kenaikan harga cabai merah menjadi Rp96.000 per kilogram dari Rp88.000 dalam dua minggu terakhir. Kenaikan harga juga terjadi pada sayuran lain seperti tomat, bawang merah, dan bawang putih.

“Terus naik sekarang, sebelumnya harganya masih di angka Rp70.000-Rp80.000 per kilogram,” ucap Iwan.

Selain cabai, kenaikan harga juga merangsak pada komoditas lain seperti tomat Rp25.000 per kilogram, bawang merah menjadi Rp31.000 per kilogram, bawang putih Rp36.000 per kilogram. (ris)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin