Berita Bekasi Nomor Satu

Pendaftaran Try Out SNBP dan SNBT Diperpanjang

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Kota Bekasi saat melakukan persiapan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021. Pendaftaran try out Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBT) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk masuk perguruan tinggi negeri diperpanjang. DOKUMEN/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Pendaftaran try out Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk masuk perguruan tinggi negeri diperpanjang.

Pembina Inkubator Pentahelix Aptisi Korwil IV A, Benny Tunggul, menyampaikan bahwa keputusan untuk perpanjangan waktu pendaftaran dan pelaksanaan didasarkan pada permintaan banyak sekolah yang menghadapi jadwal padat kegiatan siswa.

Banyak sekolah meminta untuk diperpanjang waktunya, karena padatnya kegiatan siswa di sekolah. Sehingga kami putuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran dan pelaksanaannya,” kata Pembina Inkubator Pentahelix Aptisi Korwil IV A, Benny Tunggul kepada Radar Bekasi.

Try out diselenggarakan oleh Inkubator Pentahelix Aptisi Wilayah IV bekerja sama dengan sejumlah Perguruan Tinggi Swasta Kota Bekasi dan Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) KCD Pendidikan Wilayah III Jabar.

Sedianya try out dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 24 Februari 2024. Saat ini, dari target 5.500 siswa yang diharapkan mengikuti sudah hampir terpenuhi.

“Yang sudah mendaftar itu sekitar 3.000 peserta, artinya jika mau dilaksanakan pada 24 Februari, itu sudah bisa, tapi karena kami ingin semua siswa memiliki kesempatan yang sama, maka proses pendaftarannya diperpanjang,” ucapnya.

Benny menjelaskan, pelaksanaan try out dapat dilakukan oleh masing-masing sekolah dan panitia telah menyiapkan tempat di beberapa zona wilayah. Meski demikian, pelaksanaannya juga dapat dilakukan secara daring di sekolah dengan pengawasan panitia yang telah ditunjuk.

BACA JUGA: Sekolah di Bekasi Diminta Segera Daftar Kurikulum Merdeka

“Sebelumnya, kami siapkan tempat bagi sekolah yang tidak memiliki fasilitas cukup untuk kegiatan try out, tapi saat ini, kami buat lebih fleksibel, dimana pelaksanaannya bisa dilakukan pada masing-masing sekolah secara daring, tapi tetap dengan pengawasan panitia yang telah kami tunjuk,” terangnya.

Pendaftaran akan ditutup hingga 5 Maret 2024, sedangkan pelaksanaan try out dijadwalkan pada 9 Maret 2024. Sebelumnya, pada 7 Maret, akan dilakukan pertemuan teknis untuk membahas mekanisme pelaksanaan try out.

“Kami akan tutup pendaftaran secara online sampai dengan 5 Maret dan 7 Maret dilakukan technical meeting bersama dengan tim,” bebernya.

Benny berharap bahwa kegiatan try out yang diselenggarakan secara gratis dapat memberikan bekal bagi para siswa SMA dan SMK di Kota dan Kabupaten Bekasi ketika nantinya akan memasuki perguruan tinggi negeri.

“Kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis), sehingga kami berharap, para siswa bisa ikut serta dalam pelaksanaannya, agar mendapat bekal saat akan masuk perguruan tinggi,” ujar Benny. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin