Berita Bekasi Nomor Satu

Pleno Rekapitulasi Kecamatan Belum Selesai, KPU Bekasi Bersurat ke Jabar

TUNJUKKAN SURAT SUARA: Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Ridho menunjukkan surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Kabupaten Bekasi, Cikarang Timur, belum lama ini. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI Meski pleno rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten Bekasi sudah bergulir, namun masih ada kecamatan yang terlambat menyelesaikan rangkaian pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 sesuai jadwal yang ditentukan. Alhasil itu berdampak pada proses penghitungan di tingkat Kabupaten Bekasi.

Hingga Minggu (3/3/2024) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi telah menyelesaikan rekapitulasi di 12 kecamatan. Molornya penghitungan di tingkat kecamatan membuat pleno rekapitulasi yang harusnya selesai Selasa (5/3/2024) harus kembali diperpanjang.

Pasalnya, kecamatan-kecamatan besar seperti Tambun Selatan, Babelan, Cikarang Barat, dan beberapa kecamatan lainnya, masih melangsungkan pleno rekapitulasi hingga saat ini.

“Kami sudah bersurat ke KPU Jawa Barat dengan tembusan ke Bawaslu Kabupaten Bekasi, meminta terkait tentang penambahan waktu alokasi, karena melihat ada beberapa kecamatan yang masih berlangsung,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Ridho, kepada Radar Bekasi, Minggu (3/3/2024).

Pleno rekapitulasi tingkat kabupaten yang berlangsung di Hotel Harper Cikarang ini, kata Ali, pada hari pertama Sabtu (2/3/2024), berhasil menyelesaikan rekapitulasi  lima kecamatan.

BACA JUGA: Rekapitulasi Ulang PPK Bekasi Timur Sempat Mau Digeser ke Padurenan Mustikajaya, Ketua KPU Bilang Ini

Kemudian pada hari kedua, ada tujuh kecamatan yang sudah rampung, total sudah 12 kecamatan. Menurutnya, surat tembusan atau surat pemberitahuan yang disampaikan dijadikan satu rujukan untuk PPK agar melanjutkan pleno rekapitulasi tingkat kecamatan.  Pada kesempatan ini, Ali mengungkapkan, tidak bisa memastikan kapan pleno rekapitulasi dapat diselesaikan.

“Kalau target, kita ingin efektivitas waktu secepat mungkin dengan kualitas yang baik tentunya terhadap hasil pleno. Karena itu kami masih menunggu, banyak kendala yang terjadi di lapangan terkait lemotnya aplikasi Sirekap, sekarang masih dalam pantauan,” tuturnya.

Dari pantauan Radar Bekasi di lokasi pleno rekapitulasi Kecamatan Tambun Selatan, penghitungan yang sudah berjalan tujuh panel ini belum bisa mempercepat proses rekapitulasi. Hingga Minggu (3/3/2024) ini, pleno rekapitulasi masih berjalan di surat suara DPR RI. Sedangkan untuk surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Bekasi, belum dilakukan penghitungan sama sekali.

“Kami juga sudah bersurat, yang dilayangkan langsung dari teman-teman PPK Tambun Selatan, diteruskan ke kita untuk bisa disikapi. Alhamdulilah kemarin kita usulkan, hari ini sudah berjalan dengan baik lagi aplikasi tersebut,” jelasnya. (pra)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin