Berita Bekasi Nomor Satu

Gerakan Pangan Murah Pemkab Bekasi Bantu Masyarakat Kurang Mampu

SERAHKAN PAKET SEMBAKO: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, menyerahkan paket sembako kepada warga lanjut usia di Kantor Desa Sukasari Kecamatan Serang Baru pada Rabu (27/3). HUMAS PEMKAB BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebagai upaya untuk menjaga kestabilan pasokan harga pangan pokok dan pengendalian inflasi di daerah, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) 2024 secara serentak di sembilan desa yang tersebar di wilayah setempat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, bertempat di Kantor Desa Sukasari Kecamatan Serang Baru pada Rabu (27/3) dan diikuti oleh 9 Desa secara virtual.

Pj Bupati Bekasi menyatakan harapannya agar masyarakat kurang mampu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meringankan beban. Terutama mengingat harga kebutuhan pokok cenderung meningkat selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Ini untuk membantu masyarakat menghadapi Lebaran, karena seperti biasa harga-harga kebutuhan pokok naik, walaupun kalau dari ketersediaan Bulog cukup tetapi kalau harganya naik tetap membuat resah masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Dani juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bekasi untuk bijak dalam pola belanja selama Bulan Ramadan. Hal itu bertujuan untuk mengendalikan stabilitas harga komoditas bahan pokok di pasar hingga Idul Fitri.

BACA JUGA: Waspada Peredaran “Susu Tulang” Palsu

“Di samping pemerintah bekerja keras untuk mengendalikan harga pasokan pangan, masyarakat juga harus bijak dalam belanja dan tidak berlebihan. Jika itu bisa dilakukan secara serentak, maka saya yakin pasar juga akan merespon dengan harga yang tidak tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, Abdur Rofiq, menjelaskan GPM digelar di 9 desa yang masuk dalam kategori agak rawan pangan, yakni Desa Sukaragam Serang Baru, Desa Sukasari Serang Baru, Desa Setia Asih Tarumajaya, Desa Banjarsari Sukatani, Desa Muara Bakti Babelan, Desa Cibarusah Kota Cibarusah, Desa Lenggahsari Cabangbungin, Desa Ciantra Cikarang Selatan, dan Desa Srijaya Tambun Utara.

Ia juga menyampaikan, untuk desa lainnya nanti akan ada program Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) yang akan memberikan beras secara gratis kepada masyarakat. Selain itu ada Program Warung Pangan, serta Program Gabah, dan lain sebagainya.

“Jadi untuk mengatasi inflasi daerah, kita tidak hanya ada GPM, tetapi ada beberapa program seperti Warung Pangan, Program Gabah dan CPPD tadi,” imbuhnya.

Abdur juga mengatakan, melalui GPM ini pihaknya menyiapkan sebanyak 3.600 paket sembako bersubsidi yang tersebar di sembilan desa yang menjadi sasaran dari kegiatan tersebut. Paket sembako berisi beras premium 5 kg, tepung terigu 1 kg, gula pasir 1 kg, minyak sayur, telur dan lain sebagainya. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin