Berita Bekasi Nomor Satu

Halalbihalal Warga Perumahan Duta Kranji Pererat Ukhuwah Islamiyah

Warga bersalaman untuk saling memaafkan di RT 02 RW 06 Perumahan Duta Kranji Kelurahan Kranji Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi, Rabu (10/4/2024). RAIZA SEPTIANTO/RADAR

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Warga RT 02 RW 06 Perumahan Duta Kranji Kelurahan Kranji Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi, punya tradisi unik untuk merayakan Lebaran.

Setelah melaksanakan salat Idulfitri pada Rabu (10/4/2024), warga Jalan Kepodang ini berbaris di depan rumah masing-masing dan membuat lingkaran besar memanjang untuk saling bersalaman.

Warga dari berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orangtua, satu per satu mengelilingi barisan untuk meminta maaf kepada tetangga dan kerabat. Halalbihalal ini disambut baik oleh warga karena dianggap berbeda dan memiliki sisi kekeluargaan yang erat.

Menurut tokoh masyarakat sekitar, Rahmat (60), tradisi ini sudah menjadi rutinitas tahunan bagi warga. Ia berharap tradisi ini bisa mempererat tali persaudaraan.

“Silaturahmi setelah salah Id ini merupakan suatu tradisi yang kita laksanakan. Semoga ini menjadi (pererat) ukhuwah islamiyah,” ungkap Rahmat.

BACA JUGA:

Rahmat mengaku sudah menjadi warga Jalan Kepodang selama puluhan tahun. Sejak pertama kali tinggal, tradisi itu sudah berjalan.

“Sejak saya pindah kesini kurang lebih 20 tahunan sudah dilaksanakan. Karena mengingat bahwa warga Duta Kranji ini khususnya warga Kepodang terdiri dari beberapa suku dan daerah, agar satu sama lain bisa bersilahturahmi bersalam -salaman setelah melaksanakan salat Id,” jelasnya

Warga juga menggelar doa bersama agar bisa dipertemukan kembali di bulan Ramadan yang akan datang.

“Kami meminta kepada Allah keberkahan, sehingga insya Allah di bulan Ramadan yang akan datang kita bisa bertemu kembali dan bersilaturahmi seperti sekarang ini,” tutupnya. (rez)

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin