Berita Bekasi Nomor Satu

613 Hari Terjangkit Covid, Pria Belanda Meninggal, 50 Mutasi Virus di Tubuhnya

ilustrasi partikel virus Covid 19 (sumber: freepik)

RADARBEKASI.ID, BELANDA – Seorang pasien di Belanda terjangkit Covid terlama akhirnya meninggal dunia. 50 mutasi virus berkembang di tubuhnya selama 613 hari.

Pria asal Belanda itu menghembuskan napas terakhirnya pada usia 72 tahun setelah berjuang melawan Covid-19 selama 613 hari.

Sebagaimana dikutip dari TIME, Minggu (21/4/2024), para peneliti dari Belanda telah melaporkan infeksi Covid-19 terlama dan memperingatkan munculnya varian virus corona yang lebih berbahaya.

BACA JUGA: Vaksin Covid-19 Tetap Gratis bagi Kelompok Rentan  

Sebelum tertular varian omicron pada Februari 2022, pria tersebut diketahui mengidap kelainan darah sehingga gagal meningkatkan respons kekebalan yang kuat terhadap beberapa suntikan Covid.

Para ilmuwan di Pusat Kedokteran Eksperimental dan Molekuler di Universitas Amsterdam menemukan bahwa virus corona telah mengembangkan resistensi terhadap sotrovimab dalam beberapa minggu setelah analisis spesimen dari hidung dan tenggorokan menunjukkan lebih dari 50 mutasi.

Pria yang tidak disebutkan identitasnya tersebut terus positif terkena virus corona sampai kematiannya pada Oktober 2023 dengan total 613 hari.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 di Asia Tenggara Meningkat, Pakar Kesehatan Sarankan Langkah Ini

Infeksi SARS-CoV-2 selama 20 bulan yang dialami pria asal Belanda tersebut adalah yang terpanjang yang diketahui. Peneliti mempresentasikan kasus ini di Barcelona, menyoroti potensi virus mutan untuk menciptakan varian baru.

Infeksi SARS-CoV-2 selama 20 bulan yang dialami pria asal Belanda tersebut adalah yang terpanjang yang diketahui. Peneliti mempresentasikan kasus ini di Barcelona, menyoroti potensi virus mutan untuk menciptakan varian baru.

Kasus ini juga menarik bagi para peneliti karena virus corona dapat berubah sangat kuat pada orang yang terinfeksi dalam jangka panjang. Penting untuk memantau secara ketat evolusi virus corona pada individu dengan gangguan kekebalan.

BACA JUGA: Ini 5 Varian Covid Terbaru yang Mendominasi Dunia Versi WHO

Hal ini dapat berisiko akan munculnya varian virus baru yang dapat lebih mudah menyerang sistem kekebalan tubuh bagi orang yang bahkan sehat. (rbs/jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin