Berita Bekasi Nomor Satu

Persiapan Materi Asesmen Sumatif Akhir Jenjang SD Dimulai

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SDN Jatiasih X Kota Bekasi saat mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Bekasi tengah mempersiapkan petunjuk teknis (juknis) untuk pembuatan materi Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ), yang akan dilaksanakan mulai 13 hingga 18 Mei 2024. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Bekasi tengah mempersiapkan petunjuk teknis (juknis) untuk pembuatan materi Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ), yang akan dilaksanakan mulai 13 hingga 18 Mei 2024.

Menurut Pengawas Gugus I, II, dan IV SD Kota Bekasi, Supyanto, pihak sekolah telah menyusun juknis materi ASAJ. “Sejumlah sekolah sedang melakukan proses pembuatan soal untuk materi ASAJ,” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Meskipun begitu, pengawas sekolah terlebih dahulu melakukan pertemuan untuk membahas petunjuk teknis dalam pembuatan soal ujian pada Selasa, 23 April 2024.

“Untuk pembuatan juknis soal ujian, kami dan para kepala sekolah harus melakukan pertemuan,” ujar Supyanto.

Asesmen kompetensi peserta didik menjadi umpan balik bagi sekolah untuk perbaikan proses pembelajaran dan mutu pendidikan.

“Pembuatan materi ASAJ merupakan salah satu dari syarat penentuan kelulusan,” tuturnya.

Supyanto menjelaskan bahwa materi ASAJ dirangkum dalam bentuk tes tertulis atau tugas portofolio, dengan variasi pilihan ganda, uraian, dan kombinasi. Jenis soal disesuaikan dengan kebijakan masing-masing sekolah

“Pembuatan materil ASAJ, disesuaikan dengan sekolah masing-masing, ada pilihan ganda, esai dan uraian,” bebernya.

BACA JUGA: Maling Amatir Sambangi SDN Bekasi Jaya V

Sementara, Kepala SDN Jatiluhur I Kota Bekasi, Agam, menambahkan bahwa pihaknya juga sedang membuat materi ASAJ dan membentuk panitia ujian.

“Memang saat ini, kami masih dalam tahap pembuatan materi ASJ dan pembentukan panitia,” terangnya.

Menurut Agam, materi ASAJ dibuat oleh guru masing-masing mata pelajaran, selanjutnya akan diverifikasi pengawas sekolah.

“Kalau untuk materi ASAJ, dibuat oleh guru kelas mata pelajaran dan diverifikasi pengawas,” tandasnya. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin