Berita Bekasi Nomor Satu

Persiapan MTQ di Kabupaten Bekasi Sudah 70 Persen

PANGGUNG UTAMA: Pekerja menyelesaikan panggung utama penyelenggaraan MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi Desa Sukamahi Cikarang Pusat, Senin (22/4). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan berlangsung mulai 27 April hingga 5 Mei 2024.

Jelang pelaksanaannya, berbagai persiapan sudah terlihat. Puluhan tenda dan satu panggung utama telah berdiri tegak di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi Desa Sukamahi Cikarang Pusat. Acara ini akan dimeriahkan dengan bazaar, hiburan band, dan berbagai kegiatan Islami.

Sebanyak 12 kantor instansi akan dijadikan venue perlombaan MTQ. Di antaranya aula Kodim 0509, Plaza Pemkab Bekasi, aula Diskominfo, Balai Rakyat kantor DPRD, lapangan Disbudpora, aula ULP, aula KH Raden Ma’mun Nawawi, aula KH Noer Ali, aula BPBD, lapangan tenis Pemkab Bekasi, gedung teater Dinas Pariwisata, aula Baznas, dan komplek Stadion Wibawa Mukti.

“Persiapan masih terus berjalan. Saat ini sudah 70 persen. H-2 semua venue sudah selesai,” ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, Senin (22/4).

Setiap harinya, masyarakat dapat hadir ke panggung utama untuk melihat perlombaan dan hiburan. Pembukaan MTQ ke-38 ini akan dilakukan secara simbolis dengan pawai Taaruf oleh 27 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat pada Minggu (28/4) mendatang di Central Park Meikarta Cikarang Selatan. Para Qori dan Qoriah itu akan menunjukan seni dan budaya islamnya baik dalam berpakaian dan lainnya di hadapan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Ajak Semua Kalangan Sukseskan MTQ

“Nanti start awal pawai taaruf di Central Park. Mari kita ramaikan sama-sama di sana. Kemudian ada bintang tamu, ada grup band Gigi yang punya album religi untuk menghibur masyarakat yang datang Minggu (28/4) malam,” tambah Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bekasi, Enjuk Marjuki.

Di sisi lain, petugas kesehatan juga akan disiagakan selama perhelatan MTQ. Akan ada tiga puskesmas utama, yakni Puskesmas Pemda di komplek Kantor Bupati Bekasi, GOR Wibawa Mukti dan Graha Wisata di komplek Stadion Wibawa Mukti Cikarang Timur serta di hotel Nuanza tempat di mana sebagian kontingen menginap.

“Secara teknis kami sudah siap begitupun stok obat-obatan. Kami akan standby 24 jam, akan ada tim yang bergerak. Untuk kontingen dari 27 kota kabupaten kami arahkan ke puskesmas terdekat. Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Alamsyah.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengungkapkan MTQ sudah dilombakan sehari sebelum pembukaan. Dani meminta masyarakat untuk sama-sama mensukseskan ajang MTQ ke-38 ini. Ia juga memastikan acara ini terbuka untuk masyarakat umum. Menurutnya ada empat indikator prestasi yang akan dicapai dalam ajang pencarian Qori-Qoriah terbaik se Jawa Barat itu. Yakni, sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses administrasi, dan sukses dalam penyelenggaraan.

“Kami berharap MTQ di Kabupaten Bekasi lebih meriah dan bermakna dalam membangun semangat Al-Qur’an dengan mengedepankan nilai-nilai Al Quran ditengah masyarakat Kabupaten Bekasi,” tandas Dani. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin