Berita Bekasi Nomor Satu

Kloter Pertama Jemaah Haji Kota Bekasi Masuk Asrama 11 Mei 2024

IBADAH : Sejumlah jemaah calon haji tiba di Asrama Haji Embakarsi Jakarta-Bekasi, beberapa waktu lalu. Kloter pertama jamaah haji asal Jawa Barat tiba di asrama haji pada 11 Mei 2024. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kloter pertama jemaah haji Kota Bekasi akan mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Jakarta – Bekasi pada 11 Mei 2024 mendatang.

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) memberikan jumlah kuota haji kepada Kota Bekasi pada 2024 sebanyak 2.746. Dan ketika dicek, seluruh jemaah  telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) pada perpanjangan waktu pelunasan. Sampai dengan akhir periode pelunasan BIPIH tahap II beberapa waktu lalu, masih ada 355 jemaah yang belum melunasi.

“Alhamdulillah sudah terisi semua kuotanya, khususnya Kota Bekasi 2.746,” ungkap Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kota Bekasi, Sri Siagawati, Rabu (24/4/2024).

Berbagai persiapan pelaksanaan haji terus disempurnakan oleh Kemenag Kota Bekasi. Ribuan calon jemaah saat ini tengah mengikuti manasik di tingkat kecamatan, dilakukan sebanyak enam kali dalam periode 22 sampai 26 April besok.

BACA JUGA: Jelang Keberangkatan Haji, CJH Kota Bekasi Manasik Massal

Sementara untuk pelaksanaan manasik tingkat kota, dilaksanakan sebanyak dua kali pada  21 dan 27 April mendatang. Selain itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan kloter pemberangkatan calon jemaah haji.

“Kloter pertama Kota Bekasi masuk asrama tanggal 11, kemudian diberangkatkan ke Bandara pada tanggal 12 Mei,” tambahnya.

Pelaksanaan ibadah haji sebelumnya juga disinggung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi, Junaedi. Mendekati pelaksanaan ibadah haji, seluruh Pemkot Bekasi akan melepas aparaturnya untuk melaksanakan ibadah haji secara simbolik akan dilepas.

Pelepasan aparatur yang akan menunaikan ibadah haji ini rencananya dirangkai dengan kegiatan silaturahmi.

“Pak Pj Wali Kota menginginkan adalah kepada seluruh pegawai yang khususnya melaksanakan ibadah haji di tahun 2024 ini kita ada rencana pelepasan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kemenag RI melaporkan jumlah visa calon jemaah haji yang sudah terbit sampai dengan Rabu (24/4) sebanyak 75.572 visa. Tahun ini, total kuota haji Indonesia berjumlah 241 ribu orang, terdiri dari 213.320 haji reguler dan 27.680 haji khusus. Gelombang pertama diterbangkan ke Arab Saudi mulai 12 Mei 2024. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin