Berita Bekasi Nomor Satu

Silaturahmi dan Cari Berkah, Pemuda Tapal Batas Bekasi Gelar Halalbihalal sekaligus Santunan

BERDOA: Sejumlah pemuda Tapal Batas Kota Bekasi-DKI Jakarta beserta tokoh masyarakat Jatibening Baru saat berdoa pada kegiatan halalbihalal sekaligus santunan. ANDI MARDANI/RADAR BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah Pemuda Tapal Batas Kota Bekasi – DKI Jakarta menghelat halalbihalal gabungan sekaligus santunan anak yatim dan dhuafa di Kampung Baru Jalan Jatibening Baru Kelurahan Jatibeningbaru Kecamatan Pondokgede, Jumat (10/5/2024).

Pemuda tersebut terdiri dari Ikatan Pemuda Kampung Baru (IPKB), Forum Betawi Rempug (FBR), Pemuda Jalan Rambutan (PJR), dan Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten (BPPKB). Kegiatan dimulai dengan pembacaan arwah leluhur, tahlil, dan maulid rasulullah.

Ketua pelaksana kegiatan, Darip menuturkan, kegiatan tersebut diinisiasi oleh para pemuda Kampung Baru yang ingin berkumpul dibalut melalui halalbihalal.

“Pemuda yang ada ini merupakan kawan kawan sejak kecil atau masa masa masih duduk di bangku sekolah yang saat ini sudah beranjak dewasa. Namun masih memiliki rasa kebersamaan untuk mencari berkah dan berbagi serta menjalin tali silaturahmi,” ungkap pria yang juga sebagai ketua IPKB ini.

Darip menyampaikan bahwa kegiatan ini didanai secara swadaya oleh anggota organisasi tersebut tanpa meminta sumbangan dari pihak lain.

“Sumber dana kegiatan tidak meminta kepihak lain. Melainkan swadaya dari kawan kawan atau para anggota yang tergabung dari organisasi pelaksana kegiatan,” ucapnya.

Meskipun terdiri dari berbagai organisasi, semangat kebersamaan pemuda tersebut tetap solid. Kemudian, setiap minggunya pada Kamis malam diadakan pengajian yang diisi dengan pembacaan surat yasin dan tahlil.

PEMBERIAN SANTUNAN: Lurah Jatibening Baru, Badru Yaman, secara simbolis memberikan santunan kepada anak yatim. ANDI MARDANI/RADAR BEKASI

”Tujuan kami tetap menjalin kebersamaan adalah untuk mencari berkah dalam kehidupan. Jadi perkawanan kami sejak kecil bertujuan menjalin persahabatan dari dunia hingga akhirat,” paparnya.

BACA JUGA: Pemuda Depok Tewas Terlindas di Cut Mutia

Di tempat sama, Lurah Jatibening Baru, Badru Yaman mengapresi kegiatan halalbihalal yang diisi dengan pembacaan yang memuji Allah dan Rasulullah. Menurutnya kegiatan yang baik ini merupakan suatu budaya wilayahnya.

“Kegiatannya positif ya. Dibacakan doa doa dan bersalawat bahkan ada juga santunan kepada puluhan anak anak yatim dan satunan kepada janda tua serta dhuafa,”ucapnya saat memberikan sambutan ketika kegiatan berlangsung.

Menurut Badru, kegiatan pemuda yang seperti ini patut diapresiasi dan dipertahankan para pemuda Jatibening baru yang berada di perbatasan Kota Bekasi dan DKI Jakarta (Tapal Batas).

”Saya masih mendengar atau terjadinya di beberapa wilayah adanya kenakalan remaja seperti tawuran. Saya berharap melalui kegiatan yang diselenggarakan halalbihalal ini bisa meredam kegiatan kegiatan negatif,” harapnya.

Sementara itu, salahsatu anak yatim, Wilda (15) merasa senang dengan diadakan kegiatan santunan yang sebelumnya diadakan pembacaan tahlil dan maulid.

“Alhamdulillah senang dengan kegiatannya. Senangnya tuch baca maulid nikmat hati senang aja gitu. Lalu pulangnya dapat uang jajan yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan sekolah,” ucapnya.(and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin