Berita Bekasi Nomor Satu

Beri Akses Layanan Finansial ke UMKM, Bea Cukai Bekasi Gandeng LPEI EXIM Bank Indonesia

FOTO BERSAMA: Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Yanti Sarmuhidayanti, bersama Departemen Head Kantor Wilayah I LPEI EXIM Bank Indonesia Minah dan tamu undangan serta pelaku UMKM foto bersama. FOTO: EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bea Cukai Bekasi menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI) Exim Bank Indonesia untuk memberi akses layanan finansial kepada UMKM di Kota dan Kabupaten Bekasi.

Dalam acara bertajuk “Business Matching Bisa Ekspor ke Malaysia” bersama Kedutaan Besar Malaysia dan Dewan Perniagaan Melayu Malaysia (DPMM) di Aula Kantor Bea Cukai Bekasi pada Selasa, (14/5), Departemen Head Kantor Wilayah I LPEI EXIM Bank Indonesia Minah turut berperan menjadi narasumber.

Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Yanti Sarmuhidayanti, menyambut positif keterlibatan dari Kantor Wilayah I LPEI EXIM Bank Indonesia. Yanti juga menyampaikan bahwa sebagai sesama unit di bawah Kementerian Keuangan Bea Cukai Bekasi bersama LPEI dan EXIM bank berkolaborasi dalam mendukung upaya pemerintah memajukan UMKM melalui digitalisasi dan globalisasi.

“Diperlukan sinergi yang melibatkan banyak pihak, tidak saja unit-unit di bawah Kementerian Keuangan tetapi juga harus berjalan dan berpadu dengan organisasi pemerintah daerah (OPD) dan pihak-pihak yang mempunyai perhatian pada kemajuan UMKM,” ungkap Yanti.

Sementara itu dalam pemaparannya, Minah menjelaskan peranan penting LPEI EXIM Bank Indonesia berupa penugasan umum yang meliputi penugasan umum berupa pembiayaan, penjaminan, asuransi, dan jasa konsultasi. Di samping itu juga ada penugasan khusus (national interest account) termasuk di dalamnya program pemulihan ekonomi nasional.

BACA JUGA: Bea Cukai Bekasi dan Cikarang Dorong UMKM Go Internasional

“Pembiayaan Ekspor Nasional (PEN) mendorong pengembangan usaha pelaku ekspor agar memiliki daya saing pada tingkat global dengan sasaran utama mulai dari koperasi, usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, UMBE hingga korporasi,” ungkap Minah.

LPEI memberikan layanan finansial melalui sinergi dan kolaborasi dengan ekosistem ekspor. Layanan finansial berupa pembiayaan dalam bentuk program pemberian modal kerja, investasi dan trade finance.

Terkait layanan finansial lain berupa program penjaminan meliputi penjaminan kredit dan proyek dan layanan finansial lain berupa asuransi (trade credit insurance dan marine cargo insurance)
LPEI juga memberikan layanan non finansial berupa coaching program for new exporters, marketing handhalding dan community development. Program pertama Coaching program for new exporters berupa pelatihan dan pendampingan ekspor dan bimbingan alumni CPNE.

Program dukungan percepatan ekspor dalam rangka membuka akses pasar ekspor bagi produk UMKM mitra bina LPEI melalui program digitalisasi via global marketplace, hub building melalui Diaspora dan pameran berskala internasional.

Langkah kolaborasi Bea Cukai Bekasi bersama dengan lembaga/BLU dan afiliasi dengan pihak perbankan dan lembaga keuangan lain serta melibatkan pula BUMN, BUMS dan asosiasi merupakan upaya bersama dalam membentuk ekosistem ekspor yang menunjang kinerja UMKM di Indonesia.(oke/*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin