Berita Bekasi Nomor Satu

Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Selesai, Sekolah Mulai Hitung dan Input Nilai Rapor

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMK Citra Mutiara Kabupaten Bekasi saat mengikuti Penilaian Sumatif Akhir Jenjang secara offline di ruang kelas. Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) telah selesai dilaksanakan. Kini, sejumlah sekolah sedang melakukan proses penghitungan serta penginputan nilai rapor semester. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) telah selesai dilaksanakan. Kini, sejumlah sekolah sedang melakukan proses penghitungan serta penginputan nilai rapor semester.

Proses penghitungan nilai dilakukan untuk mengetahui hasil ujian, apakah siswa harus melaksanakan remedial atau nilai yang didapatkan sudah memenuhi kriteria.

“Memang saat ini, masing-masing guru mata pelajaran sedang merekap hasil penilaian ujian yang sudah berakhir beberapa hari lalu,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Citra Mutiara, Kabupaten Bekasi, Prawiro Sudirjo kepada Radar Bekasi.

Ia menambahkan, jika dari hasil penilaian ada kekurangan, maka siswa harus mengikuti ujian remedial atau perbaikan, yang biasanya dilaksanakan oleh sekolah selama 3-4 hari.

“Apabila nilainya masih kurang, maka kami akan mengadakan ujian remedial untuk mata pelajaran tertentu,” jelasnya.

Dari hasil penilaian yang biasanya dilakukan, ada beberapa nilai yang dianggap kurang, seperti mata pelajaran (mapel) Matematika dan IPAS.

“Biasanya yang cukup banyak mengikuti ujian remedial adalah mapel Matematika dan IPAS, karena siswa banyak yang kesulitan dengan materi numerasi, berhitung, dan eksak seperti rumus Fisika dan Kimia,” terang Prawiro.

Proses penginputan nilai ke rapor dilakukan secara daring (online) atau melalui aplikasi e-rapor, sehingga bisa diselesaikan dengan lebih cepat.

“Proses penginputan nilai rapor sudah menggunakan aplikasi, sehingga bisa lebih cepat, dan hasilnya nanti akan dicetak,” bebernya.

BACA JUGA: PPDB Sekolah Swasta di Kota Bekasi Belum Memuaskan  

Hal senada juga disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 8 Kota Bekasi, Hikmah Tuloh Sidik. Menurutnya, hasil pelaksanaan ujian saat ini masih dalam proses penghitungan nilai.

“Penilaian sedang dilakukan penghitungan oleh masing-masing guru mata pelajaran,” ucapnya.

Sementara untuk perbaikan nilai, akan dikerjakan pada minggu ini, sehingga siswa diminta untuk lebih aktif dalam mencari informasi hasil penilaian yang dilakukan oleh masing-masing guru mapel.

“Siswa harus lebih aktif, jangan sampai tidak mengetahui informasi hasil penilaian, dan kalau ada yang remedial, bisa langsung dilakukan perbaikan,” harapnya.

Sesuai dengan kalender pendidikan, pembagian rapor bakal dilaksanakan pada 28 Juni 2024 dan akan diambil langsung oleh masing-masing orang tua siswa. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin