Berita Bekasi Nomor Satu
Opini  

Satu Ibadah Sebanding Seratus Ribu  

Oleh: Achmad Muwafi, Lc

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Rasulullah SAW bersabda, “Salat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 kali salat di masjid lainnya kecuali di Masjidil Haram (Mekah). Dan salat di Masjidil Haram lebih baik dari 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ibnu Majah)

Hadist ini menjelaskan keutamaan yang luar biasa tentang shalat di Masjidil Haram, hal ini dikarenakan di dalam Masjidil Haram terdapat bangunan suci Kakbah yang merupakan kiblat bagi seluruh kaum muslimin ketika melaksanakan salat.

Masjidil Haram merupakan masjid yang pertama kali dibangun di atas muka bumi. Di dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim “Dari Abu Dzar ia berkata; “Aku pernah bertanya , ‘Ya Rasulullah, masjid manakah yang pertama kali dibangun di muka bumi ini?’ Beliau menjawab.

“Masjidil Haram”. Aku bertanya lagi, “Kemudian masjid mana lagi” Beliau menjawab: “Masjid Al-Aqsa”. Aku bertanya lagi, “Berapa jarak antara keduanya dibangun?’ Beliau menjawab, “Empat puluh tahun, tetapi dimanapun kamu mendapati waktu salat, maka kerjakanlah salat, karena tempat itu sebagai masjid.”

Bagi kaum muslimin disunahkan untuk mengunjungi tiga masjid yang paling utama yaitu Masjidil Haram di Mekah, Masjid Nabawi di Madinah dan Masjid Al-Aqsa di Palestina,

BACA JUGA: https://radarbekasi.id/2024/10/08/karunia-allah-tak-terbatas/

Hal ini disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tidak boleh melakukan perjalanan (ibadah) kecuali untuk mengunjungi tiga masjid, yaitu Masjidil Haram, Masjidku ini (Masjid Nabawi), dan Masjid Al-Aqsa.”

Maksud dari hadist ini adalah semua masjid di dunia ini memiliki kedudukan yang setara, tidak ada yang lebih utama dan lebih besar pahala shalat disana kecuali di tiga masjid saja, yaitu masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al-Aqsa, karena telah dijelaskan di dalam hadist bahwa pahala shalat di ketiga masjid tersebut memiliki pahala yang berlipat ganda apabila dibandingkan dengan pahala shalat di tempat lain.

Oleh karena itu, apabila seorang muslim mendapatkan kesempatan oleh Allah SWT untuk berkunjung kesana, sebaiknya ia menggunakan kesempatan itu sebaik-baiknya dengan memperbanyak amal ibadah dan berdoa kepada Allah SWT, sebab keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT sangatlah besar.

Bagi tamu-tamu Allah yang ingin melaksankan ibadah umrah ataupun haji ke tanah suci, maka dapat memanfaatkan jasa travel yang terpercaya sehingga seluruh rangkaian ibadah dan kebutuhan selama menjalankan ibadahnya dapat terpenuhi dengan baik.(*)

Penulis merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Bekasi, Pengurus Pusat Bidang Dakwah Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Wakil Ketua Umum Asosiasi Kiai dan Intelektual (AKIL) Indonesia, Kepala SMPIT Baitul Halim Bekasi