Berita Bekasi Nomor Satu

Yayasan Al Muslim Kenalkan Seluruh Unit Pendidikan lewat AMFEST 2024  

Penampilan siswa Al Muslim dalam AMFEST 2024 di Yayasan Al Muslim, Sabtu (26/10). FOTO: EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Al Muslim Festival (AMFEST) 2024 diselenggarakan dengan meriah di Yayasan Al Muslim, Sabtu (26/10). Kegiatan ini diisi dengan Pameran Pendidikan, Bazaar, Pentas Seni, hingga Perlombaan.

Ketua Panitia AMFEST 2024, M. Nurul Huda, menjelaskan bahwa AMFEST merupakan kegiatan rutin tahunan dari Yayasan Al Muslim yang bertujuan untuk memberikan tempat bagi anak-anak, dari usia dini hingga remaja, untuk mengeluarkan dan mengembangkan bakat serta potensi mereka.

AMFEST juga sebagai sarana open house untuk memperkenalkan seluruh unit Yayasan Al Muslim, mulai dari PG/TK, SD, SMP, SMA, SMK, hingga STMIK.

“Tujuannya ketika warga melihat kegiatan ini, tertarik kemudian bisa mendaftar di Yayasan Al Muslim dari setiap unit,” ungkap Huda.

Selain itu, AMFEST menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi antara warga sekitar, orang tua murid, dan khususnya persatuan sekolah swasta di Kabupaten Bekasi.

Huda menjelaskan bahwa AMFEST menghadirkan berbagai perlombaan. Untuk kategori PG-TK terdapat Estafet Bendera, Bola Keranjang, dan Menyusun Balok. Kategori SD meliputi lomba Tahfiz, Mewarnai, dan Fashion Show.

BACA JUGA: Ratusan Ruang Sekolah Rusak di Kabupaten Bekasi Diusulkan Diperbaiki 2025

Pameran Pendidikan dalam dalam AMFEST 2024 di Yayasan Al Muslim, Sabtu (26/10). FOTO: EKO ISKANDAR/RADAR BEKASI

Untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK ada lomba Taekwondo dan Panahan, serta lomba Futsal untuk tingkat SD dan SMP, E-Sport Mobile Legend untuk tingkat SMA, dan Fotografi serta Videografi untuk tingkat SMK. Perlombaan ini diikuti oleh siswa dari internal dan eksternal Yayasan Al Muslim.

“Peserta perlombaan paling banyak dari eksternal. Persentasenya 60 persen eskternal dan 40 persen internal,” ucapnya.

Untuk menarik minat pengunjung di Pameran Pendidikan, panitia menyediakan berbagai hadiah menarik. Pengunjung dapat mengumpulkan tujuh stempel untuk berkesempatan mendapatkan doorprize.

“Setiap pengunjung yang datang ke pameran akan mendapatkan stempel. Setelah mengumpulkan tujuh stempel, mereka bisa mendapatkan doorprize,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin mengenal seluruh unit Yayasan Al Muslim. Tercatat, saat ini banyak siswa yang melanjutkan pendidikan secara berjenjang di yayasan tersebut.

“Persentase kelanjutan pendidikan cukup tinggi, yaitu hampir 98 persen dari TK ke SD, 60-70 persen dari SD ke SMP, dan 40-50 persen dari SMP ke SMA atau SMK,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Al Muslim, Sahid Hudri, menambahkan bahwa AMFEST menampilkan prestasi akademik dan nonakademik dari siswa di seluruh unit Yayasan Al Muslim sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“AMFEST ini adalah gambaran dari profil siswa Al Muslim, supaya masyarakat bisa mengenal lebih baik. Kami juga menyediakan booth PPDB bagi yang ingin tahu lebih jelas tentang Al Muslim,” ungkapnya.

Menurutnya, lembaga pendidikan Al Muslim tidak kalah baik dari sekolah lain. Ia menegaskan pentingnya bagi orangtua untuk mengetahui profil sekolah sebelum memutuskan menyekolahkan anaknya.

“Jangan sampai orang tua ingin menyekolahkan anaknya tetapi tidak tahu seperti apa sekolahnya. Kami siap menjelaskan,” tukasnya. (oke)