RADARBEKASI.ID, BEKASI – Setelah sukses merealisasikan ekspor perdana pada September 2024, UMKM Binaan Bea Cukai Bekasi, PT Elok Niaga Indonesia berhasil mendarat untuk kedua kalinya di pasar Jepang, Selasa (10/12). Produk unggulan berupa aneka produk jajanan seperti basreng, keripik tempe, keripik oncom dan keripik tahu kini bisa dinikmati masyarakat di sana.
PT Elok Niaga Indonesia dengan merek dagang Mama Yon telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas produk, inovasi, dan pengemasan.
Di awal Desember tahun ini, 688 karton produk Mama Yon seberat lebih dari 1,8 Ton (GW) dengan nilai ekspor lebih dari Rp189 juta
telah dikirim dalam 1 kontainer 20 feet.
Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitasnya adalah dengan memberdayakan warga sekitar, hal ini tentu menjadi peluang dalam perluasan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.
Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Yanti Sarmuhidayanti, menyampaikan apresiasi atas keberhasilan PT Elok Niaga Indonesia.
“Kami bangga atas capaian ini. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata bahwa kerja sama yang erat antara pemerintah, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan lainnya mampu mendorong UMKM untuk menembus pasar internasional. Semoga prestasi ini menginspirasi UMKM lain untuk terus berkembang,” ujar Yanti.
BACA JUGA: Perteguh Komitmen Antikorupsi, Bea Cukai Bekasi Undang Akademisi
Dengan produk yang kini mulai dikenal di Jepang, Dadang Hermanto selaku owner PT Elok Niaga menargetkan peningkatan ekspor pada tahun mendatang.
Selain itu, langkah strategis juga disiapkan untuk merambah pasar Asia lainnya, seperti Korea Selatan dan Hong Kong, guna memperluas pangsa pasar.
“Setelah sekali lagi trial ekspor, kami akan mencoba penetrasi ke modern market di Jepang, kemudian akan meluaskan produk ke negara lainnya,“ ungkap Dadang.
Prestasi ini membuktikan bahwa UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di kancah global. Bea Cukai Bekasi berkomitmen untuk terus memberikan dukungan, baik dalam bentuk pembinaan, fasilitasi, maupun penguatan jaringan usaha.
Masyarakat diharapkan dapat mendukung produk lokal dengan menciptakan ekosistem bisnis yang kondusif, sehingga lebih banyak UMKM yang dapat mencatatkan cerita sukses seperti PT Elok Niaga Indonesia. Bea Cukai Bekasi, Bersama Mendorong UMKM untuk Mendunia!. (*)