Cikarang

Warga Burangkeng Swadaya Normalisasi Kali

Kebersihan
NORMALISASI: Warga tengah melihat pelaksanaan normalisasi kali. CR49/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Warga Dusun I, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, melakukan normalisasi kali yang dipenuhi sampah sepanjang empat kilometer secara swadaya.

Kepala Dusun I Desa Burangkeng, Hatta mengatakan, normalisasi kali di lingkungannya dilakukan atas inisiatif dan desakan warga sekitar.

”Ya, kebetulan warga disini itu banyak petani, dan mereka medesak saya yang kebetulan juga ketua perkumpulan tani di sini agar dilakukan normalisasi, karena mau masuk musim tanam. Akhirnya, ya kita swadaya dan minta bantuan alat berat ke TPA Burangkeng,” kata Hatta ditemui di kediamannya, Senin (13/1).

Sampah di kali tersebut, kata dia, terlihat dari pintu gerbang TPA Burangkeng sampai perbatasan wilayah Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang. ”Kita khawatir kalau dibiarkan, lalu ada hujan lagi di bulan Februari dan Maret akan berdampak di wilayah kami, dan mengganggu aktifitas tani di sini. Jadi sudah kita lakukan inisiatif normalisasi kali tanpa menunggu dari pemerintah,” ujarnya.

Kegiatan normalisasi yang telah dilakukan selama dua hari rencananya akan berjalan sampai dua pekan ke depan. ”Tapi mudah-mudahan selesai satu pekan,” ucapnya.

Dia menuturkan, pemerintah dalam hal ini TPA Burangkeng tetap diminta perhatiannya untuk ambil bagian dari kegiatan warga sekitar. Yakni dengan dengan memberikan pinjaman alat berat.(cr49)

Tags
Close