Berita UtamaOlahraga

POBSI Bidik Tiga Negara

Agendakan Pemusatan Latihan Atlet

POBSI
LATIHAN: Atlet POBSI Jawa Barat ketika menjalani latihan, persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Pengurus daerah (Pengda) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Jawa Barat membidik sejumlah negara untuk melakukan pemusatan latihan daerah (Pelatda) atlet Pekan Olahraga Nasional (PON).

Manajer Pelatda PON Jawa Barat, Zaiman Makmur Affan menyatakan, berdasarkan keputusan, sebanyak sepuluh atlet sudah ditetapkan untuk menjalankan Pelatda.
”Program awal, sudah fixed bahwa Pelatda akan dijalankan di bulan Februari 2020. Lokasinya di Pitpool Click Square, Jalan Naripan, Kota Bandung pada 10 atlet,” ujarnya ketika ditemui Radar Bekasi di kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kamis (16/1).

Lebih lanjut, Zaiman–sapaan akrabnya–menyebutkan hasil kesepakatan pengurus, atlet Pelatda akan dikirim menjalani pemusatan latihan di beberapa negara.
”Program ini seperti yang di jalankan PB POBSI sebelum menerjunkan atlet pada SEA Games 2019. Dimana, para atlet yang sudah dibagi nomor akan dikirimkan,” tuturnya.

Zaiman menjelaskan, dua negara yang akan disasar pengda sebagai lokasi pemusatan latihan yakni Filipina untuk nomor Carom dan Vietnam dan India untuk nomor Snooker dan Pool.

”Tergantung nomor. Tapi itu belum diputuskan. Yang jelas, tahapan Pelatda akan mulai Februari ini,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Pengda POBSI sendiri masih berupaya agar Pelatda dilaksanakan di Januari 2020.

Kata Zaiman, rencana Pelatda saat ini sudah melenceng dari target yang sudah dibahas Pengda POBSI Jawa Barat.

”Kita masih menyiasati agar pelaksanaan bisa lebih cepat. Mestinya akhir tahun kemarin bisa dilaksanakan,” terangnya.

Dia menambahkan, pada proses pemetaan kekuatan, target empat medali emas masih memungkinkan diraih.

”Kita akan berupaya, meraih target sesuai dengan yang sudah dibebankan KONI Jawa Barat. Karena, bila bicara peluang, untuk Jawa Barat saat ini belum ada lawan yang bisa menyaingi,” klaimnya. (dan)

Tags
Close