Cikarang

Dana Desa Masih Difokuskan Bangun Infrastruktur

Radarbekasi.id – Dana desa untuk seluruh desa di Cikarang Barat masih difokuskan untuk pembangunan infrastruktur. Demikian disampaikan Camat Cikarang Barat, Dody Gandi.

Menurut dia, kondisi infrastruktur di wilayahnya sudah cukup baik. Sehingga, pihaknya mengarahkan agar Pemerintah Desa (pemdes) memanfaatkan dana dari pemerintah pusat ini untuk pemberdayaan masyarakat setempat.

Yakni, lanjut Dody, dengan cara membuka pelatihan keterampilan untuk warga di masing-masing desa. Sehingga, mereka memiliki kemampuan untuk meningkatkan taraf kehidupannya ke arah yang lebih baik.

”Jadi, untuk mengarahkan dana desa lebih kepada program pemberdayaan. Banyak Pemdes masih belum bisa maksimal. Alhasil pola mereka menggunakan dana desa masih ke soal pembangunan fisik belum ada ke arah yang kita usulkan untuk buat kegiatan pelatihan,” katanya beberapa waktu lalu.

Selaku pimpinan wilayah, Dody mengaku tak bisa mengintervensi penggunaan dana desa. Karena setiap program atau penggunaan dana desa itu juga kebanyakan dari aspirasi masyarakat.

”Ya, untuk penggunaan dana desa kita sebagai camat tak bisa intervensi, tapi cuma bersifat untuk mengarahkan dan memberikan saran saja, misalnya saat musrembang, musdus, atau musdes. Tapi kembali lagi kepada aspirasi masyarakat, kita tak bisa intervensi,” katanya. (cr49)

Tags
Close