BekasiMetropolis

Genangan Air di Sekitar Kali Kapuk Cepat Surut

NORMALISASI
NORMALISASI: Proses normalisasi kali Kapuk di Kawasan Kota Harapan Indah, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi.Istimewa

Radarbekasi.id – Kali Kapuk di Kawasan Kota Harapan Indah, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, dinormalisasi. Usai dinormalisasi, genangan air akibat hujan yang kerap terjadi di lokasi sekitar kini lebih cepat surut dari biasanya.

Lurah Pejuang Isnaini mengatakan, normalisasi ini dilakukan berdasarkan hasil Musrembang 2019 yang sesuai keinginan warga. Normalisasi yang menggunakan dua alat berat ini harus menjebol tembok milik PT Hasanah Damai Putra (HDP), selaku pengembang Kota Harapan Indah.

Baru dilakukan saat ini, karena manajemen HDP sebelumnya tak setuju adanya penjebolan tembok. ”Manajeman (HDP) sebelumnya keberatan menjebol tembok untuk normalisasi dan sekarang manajemennya bersedia. Maka sekarang lah kita lakukan normalisasi kali Kapuk ini, dengan menurunkan dua alat berat,” kata Isnaini, Selasa (11/2).

Normalisasi sepanjang 3 kilometer meliputi RW 024, 030 dan 032 Kelurahan Pejuang tersebut melibatkan warga sekitar, termasuk RT dan RW serta pengembang kawasan. Sedimentasi yang diangkut dari dalam kali Kapuk mencapai 30 truk.

Normaliasi ini mampu membuat cepat surut genangan air akibat hujan deras di lokasi sekitar. Genangan air yang terjadi pada Sabtu lalu misalnya, baru bisa surut dengan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam. Namun, kini hanya waktu satu jam sudah surut.

”Karena sudah dilakukan normalisasi air di lokasi cepat surut. Tidak lebih dari satu jam air hujan langsung surut,” ucapnya.

Usai kali Kapuk dinormalisasi, ia berharap warga sekitar tidak membuang sampah ke saluran kali dan rutin melakukan bebersih. Pihaknya akan menindak tegas kepada warga yang terbukti masih membuang sampah di kali.

”Saya pun ingin warga melakukan kerja bakti dan pembersihan di kali Kapuk, agar tidak lagi mengalami pendangkalan dan menyebabkan banjir,” pungkasnya. (pay)

Related Articles

Back to top button