Cikarang

Baru Dua Desa Ajukan Proposal Pilkades

Radarbekasi.id – Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Enop Can menyebut, baru ada dua panitia Pilkades yang menyerahkan proposal Rancangan Anggaran Belanja (RAB). Meskipun terdapat sebanyak 16 desa yang ada akan melaksanakan Pilkades serentak 2020.

”Ya, sampai hari ini baru masuk dua desa di bagian keuangan. Desa Jayamukti dan Sukarapih, dan untuk yang lain belum ada lagi,” kata Enop saat ditemui di Hotel Grand Cikarang, Jababeka, Cikarang Utara, Kamis (27/2).

Enop menjelaskan, batas waktu penyerahan proposal yakni Selasa (25/2). Tapi, lanjut dia, terdapat waktu 30 hari kedepan terkait proses verifikasi yang dilakukan camat selaku pihak yang diamanatkan bupati untuk mengecek laporan tersebut sebelum diserahkan ke dinas untuk proses pencairan dana bantuan.

Dia menegaskan, selama proposal dari panitia Pilkades ini belum diajukan ke bagian keuangan DPMD, maka dana bantuan itu pun tidak dapat dicairkan. Dan hal ini mengacu pada peraturan Bupati (Perbup), terkait petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) dana bantuan penyelenggaraan Pilkades serentak 2020.

”Jadi, tidak ada dari DPMD mengulur-ulur pencairan dana bantuan itu malahan kita sendiri mempersilahkan kepada panitia untuk segera membuat RAB dan menyerahkan ke camat untuk direvisi, kemudian diajukan ke kita untuk diproses pencairannya. Intinya, kita hanya mengikuti aturan yang berlaku saja,” tegasnya.

Terpisah, Camat Tambun Selatan Junaefi mengakui, saat ini proposal RAB panitia Pilkades di Desa Mangunjaya akan diserahkan kepada DPMD setelah ada beberapa yang harus revisi.

”Ya, beberapa hari lalu panita sudah ajukan ke kami, cuma ada revisi sedikit tapi ini sudah selesai dan mau segera kita serahkan ke DPMD,” singkat Junaefi dihubungi melalui sambungan telepon.

Sementara itu, Camat Cikarang Barat Dody Gandi mengatakan, pihaknya sudah menginformasikan kepada panitia di tiga desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak 2020, untuk segera membuat dan menyerahkan proposal RAB tersebut. ”Kita sudah infokan untuk segera, dan sampai saat ini sedang proses,” katanya.(cr49)

Related Articles

Back to top button