Berita UtamaMetropolis
Trending

DPRD Minta Distribusi Bantuan Dipercepat

PERSIAPAN PSBB : Petugas Satpol PP membawa masker dari Posko Covid-19 Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (14/4). Masker tersebut akan dibagikan bersamaan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bekasi Rabu (15/4) hari ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus benar-benar matang. Sejumlah kebijakan dan regulasi dipersiapkan termasuk bantuan bahan pokok untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman J Putro menyampaikan, bantuan kebutuhan pokok masyarat terdampak harus bisa di distribusikan segera setelah adanya penerapan PSBB, Rabu (15/4) hari ini.

Pasalnya masyarakat yang harus meninggalkan sejumlah aktivitasnya guna mematuhi aturan PSBB sebagai langkah penanggulangan penyebaran virus Covid-19.

“Secara umum memang percepatan (penyaluran) kebutuhan itu harus,” kata Chairoman kepada Radar Bekasi, Selasa (14/4) di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Menurutnya, hal tersebut harus disebarkan dengan publikasi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Sehingga informasi sampai, termasuk petunjuk pelaksanaan (Juklak) petugas yang berperan mendistribusikan bantuan ke masyarakat.

“Harusnya di butuhkan Juklak, agar RW benar-benar siaga, apa yang akan dilakukan nantinya. Itu harus sampai ke mereka sehingga mereka memahami itu,” ujarnya.

Selain itu, ketika tidak ada pertemuan secara fisik, Pemerintah harus melangkapinya secara elektronik supaya percepatan sosialisasi itu terpublikasi ke masyarakat luas.

Namun, ada sebagian daerah yang sudah melaksanakan PSBB. Sejauh ini kata dia sejumlah kebijakan seberti kegiatan pendidikan, keagamaan, pernikahan dan pertemuan juga sudah bisa teratasi.

Pihaknya ingin Pemkot benar-benar memperhatikan pekerja informal dalam menerapkan PSBB. Bantuan-bantuan dari daerah, pusat dan provinsi juga harus segera diberikan sehingga kebutuhan masyarakat bisa tertangani.

“Jadi saya harapkan saat menerapkan PSBB Pemkot harus bisa menyelesaikan kebutuhan masyarakat agar tidak ada kerusuhan dan yang tidak di inginkan,” tandasnya.

Terpisah Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, pemberian sembako kepada warga pihaknya akan melakukan secara bergilir, waktu pembagiannya.

“Kita juga sudah menyiapkan Perwal, Kepwal, sembako sedang kita persiapkan langsung. Tanpa harus menunggu dari kementerian sosial,” ucapnya.

Dalam melaksanakan PSBB, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan personel gabungan  Kepolisan, TNI, Satpol PP, Dishub dan Dinas Kesehatan di 32 titik perbatasan.

“Sedangkan bantuan dari Provinsi di salurkan melalui kantor POS, tapi belum pasti saya telepon Sekda Jawa Barat pun belum pasti masih menunggu,” cetusnya.

Pantauan Radar Bekasi, Selasa (14/4)  sejumlah bahan pokok untuk bantuan warga dari Pemerintah Kota Bekasi sudah sebagain sudah didistribusikan ke posko penanganan Covid-19 Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.(pay)

Related Articles

Back to top button