Metropolis

Kota Bekasi Mengajukan Perpanjangan PSBB Tahap Empat

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

BEKASI, RADARBEKASI.ID – Pemkot Bekasi sempat berencana untuk tidak melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap empat pada Jumat (22/5/2020) lalu.

Hari ini, Minggu (24/5/2020), Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyatakan, pihaknya memutuskan untuk mengajukan perpanjangan PSBB ke tahap empat. Hal ini dilakukan setelah DKI Jakarta melanjutkan PSBB tahap empat mulai 22 Mei lalu.

Nah kita tidak bisa lepas dari DKI ini, karena kita juga menjadi episentrumnya Jabodetabek,” kata Rahmat kepada Radar Bekasi.

Dia mengatakan, permohonan untuk melanjutkan PSBB tahap empat sudah disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Berbeda dengan pengajuan PSBB sebelumnya dimana permohonan diajukan bersama dengan wilayah sekitar (Bodebek), kali ini Kota Bekasi mengajukan lebih dulu.

Menurut Rahmat, status PSBB di Kota Bekasi belum bisa dihentikan untuk sementara ini. Tapi, akan ada beberapa ketentuan dan aturan yang bakal diubah. Karena, tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Bekasi relative sudah mengalami penurunan.

“Bersyukur (dengan penurunan kasus virus Corona). Di daerah lain masih berkutat dengan pandemi dan kita sudah selesai, pelandaian-pelandaian,” ungkapnya.

Jika terjadi gelombang tinggi penyebaran Covid-19 setelah mengizinkan salat ied berjamaah di 51 kelurahan, Pemkot Bekasi siap untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi.

“Besar kemungkinan ada (lonjakan berikutnya), tapi tadi syaratnya warga harus menggunakan masker (untuk mengantisipasi),” tukasnya.

Hasil evaluasi PSBB tahap tiga ini, rasio penularan di wilayah Kota Bekasi berada pada angka 0,71 persen setara dengan tingkat kewaspadaan level dua.

Saat ini masih terdapat 12 pasien positif yang dirawat. Pihaknya akan kembali melakukan tes SWAB kepada 12 pasien positif tersebut dalam rentang waktu 14 hari mendatang guna mengetahui perkembangan.(sur)

Tags

Satu Komentar

  1. Tolong dipikirkan dg lbh bijaksana, ekonomi masyarakat bagaimana kalau psbb hrs diperpanjang terus. Nafkah suliiitt

Close