Metropolis

Permintaan Hewan Kurban Meningkat

PERMINTAAN MENINGKAT : Pedagang hewan kurban memberi makan sapi di lapaknya di Kampung Jaha, RT07/RW11, Kelurahan Jatimekar, Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (29/6). Ditengah pandemi covid-19 permintaan hewan kurban meningkat. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Adanya Pandemi Covid-19 nampaknya tak semua berdampak ke penjualan hewan kurban. Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang masih satu bulan lagi, permintaan hewan kurban di beberapa tempat justru meningkat.

Salah satunya di Jalan Rambutan, Kampung Jaha RT07/11, Jatimekar, Jatiasih. Pedagang mengaku lonjakan pembeli diluar prediksi. Tadinya sejumlah pedagang sempat pesimis dengan kondisi saat ini.

“Tadinya saya pesimis bakal ramai. Tapi pandemi corona saat ini ternyata permintaan malah meningkat,” kata Sayadi Ogay, salah satu penjual hewan kurban ketika ditemui Radar Bekasi di Kampung Jaha, Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (29/6).

Dijelaskannya, ada tiga alasan permintaan hewan kurban meningkat. Yang pertama, kata dia, orang berkurban karena ketaatan, kedua berkurban karena pandemi corona untuk berbagi dan yang ketiga karenan ibadah haji yang ditunda itu banyak orang yang biasanya berkurban di tanah suci, Makkah, Saudi Arabia, saat ini bisa kurban di tanah air. “Itulah yang menjadi dasar peningkatan pembelian kurban pada tahun ini,” kata Ogay.

Saat ini, lanjut Ogay sudah ada sekitar 300 ekor pesanan hewan kurban jenis sapi. Pesanan hewan kurban itu dari berbagai daerah. “Sementara pelanggan saya ini ada di Jabodetabek dan Indramayu, Sukabumi, Cirebon, Cianjur dan Karawang,” jelasnya.

Mereka yang memesan rata-rata 5 hingga 10 ekor sapi. Dia memperkirakan permintaan hewan kurban akan kembali meningkat pada awal Juli 2020.

“Sebenarnya sudah meningkat kemarin diawal Juni. Dan nanti akan lebih meningkat Insya Allah pada permulaan awal Juli, biasanya konsumen berdatangan untuk memilih,” beber dia.

Harga jual sapi di tempatnya di jual dari harga yang terendah yakni Rp16 juta sampai Rp100 juta. Itu semua tergantung dari harga bobot sapi. (rez)

Close