Metropolis

Bentuk Satgas Pencegahan Covid-19

Upaya KONI Bantu Pemerintah Tangani Pandemi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – KONI Kota Bekasi membuktikan bahwa organisasinya tak melulu hanya mengurusi olahraga. Dalam rangka membantu pemerintah menangani pandemi, dibentuk Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19.

Laporan: AHMAD PAIRUDZ
BEKASI SELATAN

Satgas Pencegahan Covid-19 KONI Kota Bekasi secara resmi dikukuhkan. Pengukuhan ditandai dengan penyematan rompi oleh Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono kepada Ketua KONI Kota Bekasi Abdul Rosyad Irwan S dan anggota lain.

Acara itu berlangsung di pelataran Kantor KONI Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kayuringin Jaya Kecamatan Bekasi, Selasa (10/11). Satgas yang dikukuhkan beranggotan 50 orang. Terdiri dari para pengurus KONI dan cabang olahraga (cabor).

Dalam sambutannya, Abdul Rosyad Irwan S menyampaikan, Satgas bertugas memberikan imbauan kepada para atlet untuk patuh pada protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan dengan Sabun), bantuan sembako dan kebutuhan kesehatan. Namun tidak menutup kemungkinan akan menyasar masyarakat luas.

Menurut pria yang akrab disapa Bang Yan itu, timnya sudah mendapatkan bekal pengetahuan yang cukup.

“Sebelum bekerja, para anggota yang terdiri dari pengurus KONI dan cabor ini sudah dibekali pengetahuan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi,” ungkapnya disela pengukuhan.

Ia mengungkapkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk berbuat baik. Dengan semangat itu, KONI Kota Bekasi mempelopori dibentuknya Satgas tersebut.

KONI meyakini adanya penurunan stamina dari semua Satgas yang sudah cukup lama bekerja keras menangani Covid-19 di Kota Bekasi. Hal itu menjadi salah satu alasan dibentuknya Satgas.

“Di titik ini, KONI berupaya memberikan energi baru dengan bantuan tenaga setidaknya terhadap 1.000 atlet di bawah naungan KONI. Semoga dengan suntikan tenaga dari KONI, Satgas lain kembali bersemangat,” ungkapnya.

Diakui, KONI menyiapkan anggaran terbatas untuk pembentukan Satgas. Oleh sebab itu, pihaknya menerima berbagai bantuan dari pihak luar manapun.

“Ada sembako dari anggota DPR-RI, DPRD Provinsi Jabar, bahkan dari bapak Wakil Wali Kota Bekasi yang hari ini (kemarin,red) mengukuhkan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tri Adhianto Tjahyono mengapresiasi atas terbentuknya Satgas tersebut. “Pembentukan Satgas Covid-19 oleh KONI Kota Bekasi bisa jadi yang pertama kali di Indonesia. Maka itu, mari kita viralkan,” ungkap Tri.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan daerah lain akan mengikuti langkah yang diambil KONI Kota Bekasi karena telah berpikir visioner membantu pemerintah. Diakuinya, pemerintah dan masyarakat tentunya diuntungkan dengan pembentukan Satgas. Apalagi dilakukan oleh masyarakat olahraga yang bukan saja fokus pada prestasi tetapi memahami pola hidup sehat.

“Bila pegiat olahraga turun tangan, kita boleh berharap pandemi segera berakhir. Kita akan optimis ya,” tukasnya. (*)

Back to top button