Jababeka Resmikan Fasilitas Fablab Pertama di Indonesia 

Kota Jababeka
Kota Jababeka

RADARBEKASI.ID – Dalam rangka menyambut transformasi Industry 4.0 di Indonesia, PT Jababeka Tbk melalui anak perusahaannya, PT Jababeka Infrastruktur bekerja sama dengan President University membuat sebuah Fabrication Laboratory (Fablab) pertama di Indonesia

Fablab Jababeka ini ditujukan sebagai pusat inovasi, pengembangan kompetensi dan purwarupa berbagai produk terkait implementasi Industry 4.0. Fablab ini telah dikembangan sesuai dengan tujuan PIDI 4.0 (Pusat Inovasi Digital Industri 4.0) yang merupakan salah satu program pemerintah dalam pengembangan SDM dimana mencakup 5 pillarnya yaitu showcase, capability, ecosystem, delivery, dan innovation.


Board of Director PT. Jababeka Tbk – Tjahjadi Rahardja mengatakan, bahwa kehadiran Fablab Jababeka pada Januari 2021 mendatang akan menjadi suatu fasilitas yang diperuntukan bagi semua lapisan masyarkat baik pelaku industry, mahasiswa, teknisi, pekerja, sehingga memungkinkan mereka untuk belajar dalam mengimplementasi Industry 4.0.

Fablab Jababeka akan menyediakan pengembangan skill melalui training, workshop, serta mempertemukan para perusahaan penyedia solusi Industry 4.0 dengan perusahaan lain yang membutuhkan solusi tersebut,” kata Tjahjadi.


Seraya dengan itu, General Manager Jababeka Industrial Estate, Rudy Subrata mengatakan, Fablab Jababeka ini diharapkan menjadi suatu wadah untuk berkolaborasi antara pemangku kepentingan dalam menerapkan Industry 4.0.” Ia menambahkan, hal ini pun menunjukkan bahwa Jababeka Industrial Estate menjadi salah satu pengembang kawasan industri unggulan dan menjadi pioneer dari pengembangan Industry 4.0 di Indonesia.

Fablab Jababeka merupakan salah satu wujud nyata dari Jababeka dalam mendukung persiapan transformasi industri di Indonesia menuju Industri 4.0 dengan kolaborasi pentahelix antara pemerintah, swasta, akademis, masyarakat dan media. Dengan pengalaman lebih dari 31 tahun dalam mengembangan kawasan industri, Jababeka berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem Industry 4.0 terbesar dan terbaik di Indonesia dalam waktu kedepan. (oke)