Berita Bekasi Nomor Satu

Hobi Menulis Cerpen

Khansa Mazaya Fairus
Khansa Mazaya Fairus
Khansa Mazaya Fairus
Khansa Mazaya Fairus

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Khansa Mazaya Fairus (12) merupakan pelajar SMPIT Insan Tauhid School yang hobi menulis cerita pendek (cerpen). Ia telah berhasil menerbitkan sejumlah buku.

Pelajar yang akrab disapa Khansa ini mengungkapkan, mulai gemar menulis cerpen saat dirinya duduk di bangku kelas 1 SD. Tulisan pertama dalam bentuk buku diberikan untuk gurunya saat kenaikan kelas.

Menginjak kelas 3 SD, dirinya mencoba mempromosikan hasil tulisan cerpennya kepada temannya di sekolah. Beberapa temannya tertarik dan memintanya membuat cerpen.

“Sebelumnya cara bikin promo harga cerpen saya fotocopy, kemudian saya bagikan ke adik kelas dan kakak kelas. Ketika ada yang meminta untuk dibuatkan cerpen baru akan saya buat sesuai dengan pemesanan,” tuturnya.

Karangan cerpennya dijual Rp2 ribu hingga Rp3 ribu. Namun, hal itu hanya berlangsung selama tahun. Setelah itu, menulis cerpen hanya menjadi hobinya. Untuk menyalurkan hobi dengan sesuatu yang bermanfaat, ia memutuskan untuk mengikuti workshop one day to write bersama dengan Lala Elmira.

“Kenaikan kelas 5 aku diajak mamah untuk ikut workshop, di sana aku diajarin cara menulis cerpen bersama anak-anak yang lain,” jelasnya.

Setelah mengikuti workshop tersebut, ia diajak untuk bersama menuliskan sebuah cerpen yang akan diterbitkan dalam bentuk buku. Buku pertama yang berhasil diterbitkan yaitu dengan judul “Kumpulan Cerpen Bolu Kukus Pelangi” yang diterbitkan pada 2018.

“Nggak nyangka ternyata beberapa cerpen yang aku buat diterbitkan dalam sebuah buku. Setelah buku pertama diterbitkan, aku mulai menulis beberapa cerpen lain dan juga diterbitkan dalam sebuah buku,” katanya.

Hingga saat ini beberapa judul buku berhasil diterbitkan. Yakni, Kumpulan Cerpen (kumcer) Mukena Untuk Bunda, Kumcer Time Travel, Kumcer Loving My Self is My Super Power dan Kumcer Do Your Magic.

“Sampai saat ini sudah terhitung 5 buku kumpulan cerpen yang sudah terbit. Aku senang banget karena hobi aku ini bisa tersalurkan dengan baik dan alhamdulillah beberapa buku itu sudah berhasil terjual dan dibaca oleh masyarakat,” tandasnya.

Ia berharap, kemampuan dalam menulisnya bisa terus berkembang dan dapat menghasilkan lebih banyak karya lagi. Sehingga hasil karyanya dapat dibaca oleh penikmat pembaca kumpulan cerpen. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin