Berita Bekasi Nomor Satu

Belasan Ribu Lansia Divaksinasi

Illustrasi: Tenaga medis menyuntikan vaksin kepada warga lanjut usia di kawasan Jatiluhur, Jatiasih Kota Bekasi, belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI
VAKSINASI LANSIA: Tenaga medis menyuntikan vaksin kepada warga lanjut usia di kawasan Jatiluhur, Jatiasih Kota Bekasi, belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezy Syukrawati menyampaikan, sebanyak 12.443 lansia sudah dilakukan vaksinasi tahap pertama.

“Data saat ini lansia 60 tahun sudah 12.443 lansia mengikuti vaksinasi di 12 wilayah kecamatan yang ada di Kota Bekasi,” kata Dezy kepada Radar Bekasi, Minggu (11/4).

Hingga saat ini, lanjut Dezy, pihaknya terus membuka pendaftaran melalui daring maupun mendaftar langsung ke Puskesmas, Rumah Sakit dan Klinik.

Karena sampai sekarang vaksinasi lansia terus berjalan. di Puskesmas, RS dan Klinik. Untuk vaksinasi massal beberapa Puskesmas sudah melakukan. Salah satunya adalah Puskesmas Jatiluhur dan kemungkinan akan diikuti oleh Puskesmas lainnya.

“Meski sudah ada yang melakukan vaksinasi lansia massal, sekarang ini kita fokuskan lansia di Puskesmas, RS dan Klinik,” ucap dia

Ia juga mengaku, vaksinasi untuk lansia gratis, tidak dipungut biaya. Apabila ada yang melakukan pungutan, dia berharap masyarakat bisa melaporkan ke Dinkes Kota Bekasi.

Sementara, untuk stok vaksin lansia yang sudah mendaftar dinilai cukup. Dan saat ini pihaknya terus melakukan kordinasi dengan Dinkes Provinsi Jawa Barat terkait pengadaan vaksin untuk Kota Bekasi.

“Intinya stok vaksin kita sampai sekarang masih mencukupi ya. Dan untuk penambahan vaksinnya kita tetap melakukan koordinasi dengan Dinkes Provinsi Jabar dan Pusat. Supaya vaksin tetap ada,” terangnya.

Lebih lanjut, untuk sasaran vaksinasi lansia saat ini, itu sudah mencapai 12.443 dari target 170.000 lansia. “Yang sudah mendaftar ada 100 ribu lebih. Kita akan tetap pusatkan vaksinasi lansia di Puskesmas RS dan Klinik. Target Kota Bekasi vaksin lansia itu 170.000. Vaksinasinya akan terus di lakukan,” ungkapnya. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin