Berita UtamaPolitik

PKB Bantu UMKM Lewat Food Bank

PKB
FOTO BERSAMA : Sejumlah pengurus dan Kader PKB Kota Bekasi foto bersama usai bag-bagi takjil lewat program Food Bank, kemarin.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Bekasi melakukan aksi bagi-bagi takjil. Kegiatan yang diberi nama Food Bank tersebut, sebagai salajh satu upaya membantu meningkatkan pelaku usaha di Kota Bekasi.

Ketua DPC PKB Kota Bekasi, Rizky Topananda mengatakan, gerakan sosial yang Food bank ini merupakan gagasan dari DPW PKB Jawa Barat (Jabar) dalam rangka bantu masyarakat dan pelaku UMKM yang memiliki usaha makanan siap saji, seperti warteg atau pedagang kuliner lainnya.

“Jadi, ide Food Bank PKB Jabar ini diinisiasi Ketua DPW Jabar Syaiful Huda yang menjadi bagian dari kegiatan Road To Aksi Melayani Indonesia (AMI) di Kabupaten Bandung, pada akhir Maret 2021. Dan ini pun menjadi suluk perjuangan untuk meraih kemenangan PKB,” kata Rizky di kantor DPC PKB Kota Bekasi di Ruko Kalimas, Bekasi Selatan.

Kata Rizky, gerakan sosial ini pun menjadi momen untuk berbagi takjil. Makanannya diperoleh dengan membeli dari pelaku UMKM atau pedagang takjil di wilayah Kota Bekasi, dan selanjutnya dibagikan ke pengendara di pinggir jalan atau masyarakat (musafir) guna berbuka puasa.

“Jadi, gerakan ini sudah lebih dulu diadakan oleh DPW secara rutin setiap hari Jumat saat sebelum Ramadhan. Adapun di Kota Bekasi, khususnya oleh DPC PKB baru perdana kita lakukan, tapi Insyaallah kedepan kita adakan rutin, entah nanti akan seminggu sekali atau tiga kali seminggu,” tuturnya.

“Tapi untuk pengurus PAC Bantargebang itu sudah lebih duluan menggelarnya Jumat lalu, dan sebelumnya pun sudah rutin diadakan,” sambung mantan staf Ahli DPR RI ini.

Rizky menjelaskan, gerakan Food Bank PKB Jabar ini pertama kali diluncurkan pada awal bulan April tahun 2021 oleh DPW PKB Jabar di Kota Bandung, dan untuk hari ini (Jumat) kemarin digelar serentak oleh pengurus DPC PKB se-Jawa Barat.

“Iya, gagasan mengenai Food Bank ini dilatar belakangi oleh kondisi sulit yang disebabkan pandemi Covid-19 di Indonesia sejak hampir dua tahun lebih,” jelasnya.

Berbeda dari konsep Food Bank pada umumnya, Food Bank PKB ini lebih mempunyai sebuah semangat untuk membantu pelaku UMKM, yakni dengan cara membeli sejumlah makanan dari pedagang kemudian itu dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, mulai dari anak yatim-piatu, pengamen, tukang becak, hingga driver ojek online.

“Program ini akan dilaksanakan hingga akhir tahun 2021, dan merupakan wujud nyata dari politik kehadiran yang sedang dijalan partai di Jawa Barat. Selain itu, Food Bank PKB jadi implementasi sesuai platform Peduli Ummat Melayani Rakyat yang harapanya bisa secara bertahap menggerakan sektor ekonomi rill masyarakat,” tutupnya. (mhf)

Related Articles

Back to top button