BolaInternasionalOlahraga

Depay dan Dumfries Bawa Belanda Melaju 16 Besar

2 Belanda vs Austria 0

Momen saat Denzel Dumfries mencetak gol pada menit 67 dan membawa Belanda unggul 2-0 atas Austria. (Uefa.com)

RADARBEKASI.ID, JOHAN CRUYFF ARENA-Belanda menjadi negara ketiga yang telah memastikan tiket babak 16 besar Euro 2020. Tim asuhan Frank de Boer tersebut mengikuti jejak Italia dan Belgia yang terlebih dahulu mendapatkan tiket 16 besar. Tak hanya itu, De Oranje – julukan Timnas Belanda, juga memastikan sebagai juara Grup C.

Kepastian itu didapat setelah Belanda mengalahkan Austria dengan skor 2-0 di Stadion Johan Cruyff ArenA, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB. Kemenangan Belanda didapat berkat gol tendangan penalti dari Memphis Depay pada menit 11 dan sepakan Denzel Dumfries pada menit 67.

Belanda memang tengah termotivasi untuk bisa berbuat lebih banyak di Euro 2020 ini. Maklum saja, mereka tak lolos pada Euro 2016. Kemudian pada Euro 2012, mereka gagal melaju ke babak berikutnya alias terhenti di fase grup. Belanda dalam sejarahnya baru sekali menjadi juara Euro yakni pada 1988.

Menghadapi Austria, Belanda langsung menekan sejak menit awal. Bermain di depan publik sendiri tentu saja menjadi motivasi yang kuat untuk kembali meraih kemenangan setelah pada laga pertama mengalahkan Ukraina dengan skor ketat 3-2.

Sebuah jegalan kaki David Alaba terhadap Denzel Dumfries di area terlarang awalnya dibiarkan oleh wasit Orel Grinfeld dari Israel. Namun, wasit lantas menghentikan laga sejenak untuk me-review potensi penalti untuk Belanda lewat VAR. Wasit pun menunjuk titik putih yang berarti penalti untuk Belanda usai melihat VAR. Selain itu, wasit juga memberikan kartu kuning kepada Alaba.

Depay maju sebagai eksekutor dan berhasil menunaikan tugasnya, 1-0 untuk Belanda. Gol dari titik putih terjadi pada menit 11. Itu menjadi gol ke-50 bagi Depay bersama Timnas Belanda.

Unggul 1-0, Belanda terus menekan pertahanan Austria. Namun, tak ada tambahan gol di babak pertama hingga turun minum.

Pada babak kedua, Belanda tak menghentikan agresivitas serangan. Gol kedua bagi De Oranje akhirnya tercipta pada menit 67 lewat Dumfries. Pada laga melawan Ukraina, Dumfries adalah pencetak gol ketiga Belanda sekaligus menjadi gol kemenangan. Kini, pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan itu kembali mengemas gol.

Gol bermula dari sebuah serangan balik. Donyell Malen yang masuk pada menit 64 memberikan umpan terukur kepada Dumfries. Dengan sepakan kaki kanannya, Dumfries berhasil membobol gawang Austria yang dijaga Daniel Bachmann pada menit 67. Belanda unggul 2-0.

Pada menit-menit akhir, Belanda mengendurkan tekanan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Austria untuk membuat sejumlah peluang. Namun, segala upaya para pemain Austria untuk membobol gawang Belanda tak berhasil. Hingga peluit panjang dibunyikan, Belanda tetap unggul 2-0 dan memastikan tiket babak 16 besar sebagai juara Grup C. (jpc)

Related Articles

Back to top button