BolaInternasionalOlahraga

Ukraina Menang Tipis, Andriy Shevchenko Akui Timnya Gugup

2 Ukraina vs Macedonia Utara 1

Penyerang Ukraina Andriy Yarmolenko merayakan gol pertama timnya ke gawang Makedonia Utara. (Robert Ghement / POOL / AFP)

RADARBEKASI.ID, BUCHAREST-Ukraina berusaha keras menaklukkan suasana tegang melawan Makedonia Utara pada laga Grup C Euro 2020. Pelatih Andriy Shevchenko mengakui hal itu setelah Ukraina menang 2-1 dalam pertandingan di National Arena Bucharest (17/6/2021).

Tim asuhan Shevchenko mendominasi babak pertama melawan tim berperingkat terendah dalam putaran final Euro ini. Memasuki jeda, Ukraina sudah unggul dua gol. Namun, setelah itu, Ukraina menurun pada babak kedua.

Hampir saja, Ukraina kebobolan oleh peluang pertama Makedonia Utara. Kiper Ukraina Georgiy Bushchan menggagalkan percobaan gol gelandang Arijan Ademi pada menit ke-47. Dan upaya itu mengubah irama permainan menjadi jauh lebih kompetitif.

Pada menit ke-57, Makedonia Utara membalas satu gol melalui Ezgjan Alioski. Alioski sempat mendapatkan penalti. Setelah eksekusi penaltinya dimentahkan sang kiper, dia meneruskan bola mental itu menjadi gol.

“Pertama sekali, bagian dari Piala Eropa ini adalah atmosfer yang sangat berbeda. Ini emosional sekali,” kata Shevchenko kepada Reuters. “Ini jenis turnamen yang berbeda. Setiap saat keseimbangan tim bisa berubah.”

“Kami bermain sangat bagus pada babak pertama tetapi mereka memulai babak kedua dengan sangat baik dan kesalahan kami menyebabkan penalti yang membuat mereka mencetak gol.”

Sepertinya, rasa cemas dan gugup pun muncul. Kami menciptakan peluang lebih banyak dan kami seharusnya mencetak gol ketiga. Tetapi kami juga mesti memuji karakter Makedonia Utara.”

Pada menit ke-84 Ruslan Malinovskiy gagal mengeksekusi penalti Ukraina untuk membuat kondisi menjadi 3-1. Sebelumnya, Ukraina mencetak gol lewat Andriy Yarmolenko pada menit ke-29 dan Roman Yaremchuk di menit ke-34.

“Kami mengubah tim karena kami harus melindungi gawang kami dan kami harus menekan sedikit di depan untuk mencegah umpan-umpan panjang,” tambah sang pelatih. “Kami memasukkan dua pemain baru yang ternyata cukup banyak menekan.”

“Saya kira selama pertandingan itu, kami mendapatkan cukup banyak peluang untuk mencetak gol lagi. Tapi, poin utamanya adalah kami menang.”

Ukraina mengemas tiga poin setelah melewati dua pertandingan. Pada Senin pekan depan, Ukraina akan melawan Austria. Belanda menghadapi Austria Jumat dini hari nanti. Sebelumnya, kedua tim sudah mengumpulkan tiga poin setelah menang pada laga pembuka.

Yarmolenko, pencetak gol pertama dan membuat assist untuk gol kedua Ukraina, mengatakan bahwa pelatihnya sudah memperingatkan mereka. Yakni pada babak pertama, Makedonia Utara akan keluar menyerang.

“Mereka bilang pada kami bahwa Makedonia Utara akan mulai menyerang karena mereka tidak ada beban apa-apa,” kata kapten Ukraina itu. “Mereka membuat kami gugup. Saat skor 2-1 kami sedikit panik.”

“Kami tidak ingin kalah dan jelas bahwa semua orang gugup. Tapi kami hebat berhasil mempertahankan kemenangan.” (jpc)

 

Related Articles

Back to top button