Cikarang

Kelurahan Bahagia Hadirkan Layanan Aminduk Daring

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka mencegah kerumunan dan penularan Covid-19, Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan, meluncurkan layanan daring (online) untuk sejumlah layanan bagi masyarakat, seperti administrasi kependudukan (aminduk), di Kabupaten Bekasi.

Program layanan publik ini, merupakan salah satu bentuk terwujudnya kelurahan yang maju, nyaman, dan sejahtera.

Untuk masuk ke layanan tersebut, pemohon (warga) dapat membuka situs web kelurahan-bahagia.bekasikab.go.id.

Kemudian, pemohon dapat mengklik layanan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, pemohon akan mendapat nomor pendaftaran.

Lurah Bahagia, Khoirul Anwar mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini kelurahan merupakan garda terdepan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat dalam hal pelayanan aminduk.

Sehingga, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan publik berbasis daring, sebagai salah satu langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kelurahan Bahagia.

“Kami menyediakan pelayanan berbasis daring untuk memudahkan masyarakat mengurus aminduk tanpa harus datang langsung ke kantor kelurahan, di masa pandemi ini,” terang Anwar.

Ia menjelaskan, untuk layanan aminduk secara daring ini, pihaknya sebatas membuat surat pengantar. Sebab, untuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) itu ada di kecamatan, kemudian untuk Kartu Keluarga (KK) ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Meski demikian, prosesnya bisa dibantu untuk surat keterangan atau pengantar,” ucap Anwar.

Ditambahkan Anwar, pihaknya selalu aktif dalam mendata dan mengecek warga yang terpapar Covid-19 di wilayahnya, sehingga bisa mempercepat penanganan.

“Setiap hari kami selalu update data warga yang terpapar dan sembuh dari Covid-19 di posko PPKM Darurat. Sehingga, kami bisa memantau perkembangan di wilayah Kelurahan Bahagia,” tandas Anwar. (and)

Related Articles

Back to top button