Berita Bekasi Nomor Satu

Tumpukan Sampah di Kali Busa Mulai Dibersihkan

BERSIHKAN KALI : Sejumlah petugas kebersihan membersihkan sampah dari Kali Busa di Desa Satriajaya Tambun Utara Kabupaten Bekasi, Senin (2/8). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Untuk mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan di Kabupaten Bekasi, sebanyak 30 orang petugas kebersihan dikerahkan untuk mengangkut sampah yang menumpuk di Kali Busa Desa Satria Jaya Tambun Utara Kabupaten Bekasi, Senin (2/8).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebersihan Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup, Sumardi menyampaikan, pengangkutan sampah seharusnya tidak dilakukan. Namun untuk mengantisipasi sumbatan air di Kali Busa, sehingga pihaknya harus mengangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi.

“Kami tidak ingin saling menyalahkan terkait banyaknya tumpukan sampah yang ada di Kabupaten Bekasi. Tapi, hal ini seharusnya menjadi tugas bersama seluruh masyarakat, supaya tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Sumardi pun mengajak seluruh stakeholder untuk peduli pada kebersihan lingkungan. Sebab, lingkungan bisa indah dan bersih dari kebiasaan dan budaya membuang sampah pada tempatnya.

“Jadi, kami terus melakukan gerakan bersih-bersih dan mengangkut sampah. Hal ini juga dalam tahap sosialisasi, apabila masih ada yang kedapatan membuang sampah sembarangan, maka akan kami tindak melalui Peraturan daerah (Perda) yang ada,” tegasnya.

Sedangkan Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Khoirul Hamid menuturkan, pembersihan sampah diprediksi memakan waktu paling lama lima hari. Sebab, dikarenakan posisi untuk memasukkan alat berat ke lokasi susah, sehingga dilakukan dengan cara manual.

Menurutnya, volume sampah yang menumpuk di kali itu diperkirakan mencapai lima ton.

“Jenis sampah yang ada di kali itu beragam, mulai dari sampah rumah tangga, pepohonan dan lain-lain,” terang Hamid.

Lanjutnya, sampah tersebut nantinya akan dibuang ke TPA Burangkeng.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke aliran kali lantaran nantinya akan berdampak terjadinya banjir saat musim penghujan.

“Diharapkan kepada masyarakat, agar membuang sampah pada tempatnya agar tidak terjadi banjir saat musim penghujan,” ucapnya. (and)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin