Berita Bekasi Nomor Satu

Kejar Prestasi Catur

Dinda Khansa Ayu Chessica
Dinda Khansa Ayu Chessica

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Catur sudah menjadi hobi Dinda Khansa Ayu Chessica. Lewat permainan itu, pelajar berusia 11 tahun ini telah meraih prestasi pada pertandingan tingkat kota hingga provinsi.

Siswa kelas VII SMPN 1 Kota Bekasi ini mengaku, mulai bermain catur saat usia enam tahun. Awalnya, Dinda-begitu akrab disapa- kerap menyaksikan orang tuanya bermain catur.

“Dari situ aku dilatih untuk bermain catur bersama dengan ayah,” ungkap Dinda.

Baginya, banyak kesulitan yang dialami ketika bermain catur. Permainan ini membutuhkan konsentrasi tinggi mengenai taktik dan strategi pada tiap perpindahan bidak catur.

Meskipun demikian, dirinya memberanikan diri untuk mengikuti kejuaraan. Pada 2015, dirinya mulai berpartisipasi dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) di Sukabumi. Hingga kini, cukup banyak kejuaraan yang diikuti.

Sederet prestasi membanggakan dari perlombaan catur telah diraih. Antara lain, juara 2 Kejurda Catur Junior Jawa Barat 2016, juara 2 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Bekasi 2016, dan juara 1 Turnamen Catur Wali Kota Bekasi Cup 2020.

“Alhamdulillah aku seneng banget bisa berprestasi lewat hobi ini, saat ini aku masih terus berlatih dan mengasah kemampuanku dalam bermain catur,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, setiap sebelum mengikuti perlombaan selalu menjaga staminanya. Dengan demikian, dapat konsentrasi dengan baik ketika bertanding.

Dirinya berharap, bisa meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi ke depannya. Karena itu, dirinya terus mengasah kemampuannya dalam bermain catur.

“Aku berharap bisa jadi pemenang dalam sejumlah event yang lebih tinggi lagi, agar namaku bisa dikenal oleh banyak orang melalui prestasi catur,” pungkasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin