Berita Bekasi Nomor Satu

Pj Sekda Dukung Kinerja Saber Pungli

TERIMA PLAKAT: Pj Sekda Pemkab Bekasi, Herman Hanapi (kiri), menerima plakat penghargaan dari Sekretaris Saber Pungli Pusat, Irjen Pol Agung Makbul (kanan), di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (8/9). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG SELATAN – Untuk menghindari adanya pungutan liar (pungli) pada pelayanan publik, serta penerapan Peraturan Presiden (PP) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai publik, dilarang melakukan pungutan tanpa ada dasar dan regulasi.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Herman Hanapi berharap, tidak ada lagi pungli dalam hal pelayanan publik di Kabupaten Bekasi.

“Semoga saja bisa menjadi kesadaran birokrat pemerintah untuk tidak mengutip uang pada pelayanan publik, apabila tidak ada dasar pada peraturan perundangan,” kata Herman, saat mengikuti sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, tentang Saber Pungli, di Hotel Sahid Jaya, Lippo Cikarang, Rabu (8/9).

Disampaikan Herman, Pemkab Bekasi menyadari pentingnya peran dan fungsi Satgas Saber Pungli Pusat dalam membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli.

“Kami sangat mendukung sepenuhnya segala program dan terobosan-terobosan Satgas Saber Pungli Pusat untuk terwujudnya kehidupan sosial masyarakat yang kondusif dan menekan terjadinya praktik pungli,” terang Herman.

Ia menjelaskan, bahwa Kabupaten Bekasi sebelumnya telah membentuk Satgas Saber Pungli pada 2017, yang hingga kini bentuk komitmennya masih sama, yakni memberantas pungli.

“Tujuannya untuk menciptakan Kabupaten Bekasi menjadi daerah yang penuh kedamaian dan ketentraman, serta mengantisipasi potensi yang dapat mengganggu jalannya roda pemerintahan, menghambat pembangunan infrastruktur, iklim investasi, serta perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Meski begitu, Herman menyebutkan, bahwa sejauh ini tidak ditemukan adanya pelaporan tentang pungli, sehingga sendi kehidupan dalam pelaksanaan pemerintahan berjalan dengan sangat baik.

“Sejauh ini masih aman dan kondusif. Khususnya untuk pelayanan publik, sebagian besar sudah berbasis daring (online), sehingga bisa meminimalisir potensi praktik pungli,” beber Herman.

Dalam kegiatan tersebut, Pj Sekda Kabupaten Bekasi, menerima lencana pin dan plakat penghargaan atas komitmen, pengabdian, dan kemitraan, menuju pelayanan publik Indonesia bersih pungli, yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Saber Pungli Pusat, Irjen Pol Dr. Agung Makbul. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin