Pendidikan

Suka Menulis dan Membaca Puisi

Siti Athifa Maritza

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Puisi menjadi salah satu karya di bidang sastra yang sangat banyak peminatnya. Salah satunya diminati oleh pelajar bernama lengkap Siti Athifa Maritza.

Remaja berusia 16 tahun ini mengaku, sejak SD sudah mulai aktif mengikuti lomba menulis dan membaca puisi. “Sejak SD saya sudah lumayan aktif dalam mengikuti lomba, baik kompetisi di dalam maupun di luar sekolah. Masa SD adalah masa-masa yang paling aktif, saya pernah memenangkan juara favorit lomba bercerita tingkat nasional,” ungkap siswa SMAN 4 Kota Bekasi.

Athifa- begitu ia disapa- menjadikan menulis dan membaca puisi sebagai hobi ketika SMP. Pada jenjang satuan pendidikan ini, dirinya semakin aktif mengikuti lomba.

“Jujur, saat SMP saya lebih sering mengikuti lomba baca puisi hingga memenangkan juara harapan 3 membaca puisi untuk memperingati hari Literasi tingkat SMP,” ucapnya.

Pandemi Covid-19 saat ini membuatnya lebih rajin dalam menulis puisi. Bahkan, karyanya ini berhasil meraih juara dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA tingkat Kota Bekasi.

“Bener-bener gak ada niat apapun untuk publikasiin karya puisi aku, tapi alhamdulillah karena rekomendasi teman, aku mendapatkan juara dua lomba cipta puisi FL2SN,” terangnya.

Selama ini, kemampuan membaca dan menulis puisi dipelajari secara otodidak. Tidak ada pelatihan khusus yang didapatkan setiap harinya, namun hanya ketika acara dirinya mendapatkan bimbingan dari pihak sekolah.  “Belajar otodidak aja sendiri karena senang, mungkin jadi lebih mudah aja untuk dipelajari,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

2 Comments

Back to top button