Hukum

Polisi Gerebek Kantor Pinjol Ilegal di Jakarta Barat

Petugas saat menggerebek sebuah ruko yang dijadikan kantor sindikat pinjaman online (pinjol) ilegal di Jakarta Barat, Rabu (13/10). Foto: Humas Polrestro Jakbar

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Polisi dari Unit Kriminal Khusus Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat menggerebek kantor pinjaman online (pinjol) yang berada di sebuah ruko di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (13/10).

Penggerebekan ini dilakukan karena ruko tersebut digunakan sebagai kantor oleh pinjol ilegal dan meresahkan masyarakat.

Dari ruko tersebut, polisi kemudian mendata sebanyakan 56 karyawan bagian penawaran pinjaman dan penagihan, untuk dimintai keterangannya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Hengki Haryadi membenarkan penggerebekan kantor tersebut. Menurutnya, penggerebekan itu dilakukan karena kantor pinjol tersebut telah meresahkan masyarakat.

Dari penggerebakan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti, yakni 52 unit perangkat komputer CPU dan 56 unit telepon seluler milik karyawan.

Menurut Hengki, pihaknya mengerebek kantor pinjol itu bermula dari laporan masyarakat yang melaporkan adanya sindikat pinjol yang mengancam keselamatan warga.

“Laporan itu kami tindaklanjuti dengan menyelidiki. Hasilnya menemukan adanya kantor pinjol di Cengkareng Jakarta Barat,” kata Hengki.

Setelah dilakukan pengecekan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan pinjol tersebut berstatus ilegal, sehingga pihak kepolisian mengerebeknya.

“Beberapa barang bukti dan puluhan karyawan sudah kami amankan dari kantor sindikat pinjol,” kata Hengki.

Polres Metro Jakarta Pusat terus mengembangkan kasus ini guna mengetahui pemilik sindikat pinjol itu. Perkembangan mengenai kasus ini akan disampaikan oleh Polres Metro Jakarta Pusat dalam waktu dekat.

“Sampai saat ini kami masih mengembangkan kasus tersebut, nanti jika sudah selesai pemeriksaan semua kami sampaikan lagi,” tuturnya. (wsa)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button