Pariwisata

Ini 6 Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia, Indonesia Bakal Menyusul di Kaki Gunung Pangrango

Jembatan gantung Arouca 516, Portugal.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dua tahun lagi, atau tepatnya tahun 2023, Indonesia akan memiliki jembatan gantung (suspension bridge) terpanjang di dunia.

Panjangnya, tidak tanggung-tanggung. 530 meter. Membentang di Kampung Lembah Neundet, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Tepatnya di kaki Gung Pangrango yang melegenda itu.

Jembatan ini, boleh jadi nantinya akan menjelma menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia. Mengalahkan jembatan Arouca, di Portugal yang memiliki panjang 516 meter.

Uniknya, jembatan gantung ini nantinya akan berdampingan dengan kereta gantung (cable car) sepanjang 863 meter yang juga melintasi ngarai kaki Gunung Pangrango.

Jembatan itu adalah unit bisnis dari Eiger yang dikenal menyediakan perlengkapan kegiatan luar ruangan dengan nama ekowisata alam Eiger Adventure Land (EAL) yang berstandar internasional di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung.

Mari bandingkan dengan jembatan gantung terpanjang di dunia saat ini yang ada di sejumlah negara berikut:

1. Jembatan Arouca
Portugal, saat ini menjadi negara pemegang rekor pemilik jembatan gantung terpanjang di dunia. Negara ini memiliki jembatan Arouca yang memiliki bentang 516 meter. Berlokasi di kota Arouca, jembatan ini secara resmi dibuka pada Minggu (2/5).

Jembatan ini menggantung pada kabel baja berat yang digantung di antara menara beton berbentuk V, dan membentang 516 meter melintasi ngarai pada ketinggian 175 meter.

Jembatan bernama asli 516 Arouca ini melintasi ngarai sungai Paiva, yang sudah dihubungkan dengan jalan setapak kayu sekitar delapan kilometer.

Arouca 516 memecahkan rekor jembatan gantung pejalan kaki terpanjang yang sebelumnya dipegang jembatan Charles Kuonen

Wisatawan berpose di jembatan gantung 516 Arouca, Portugal.

2. Jembatan Charles Kuonen
Sebelum muncul jembatan gantung Arouca, jembatan Charles Kuonen yang dibangun pada 2017 lalu adalah pemegang rekor sebagai jembatan gantung terpanjang di dunia. Jembatan ini membentang di Pegunungan Alpen Swiss. Jembatan ini memiliki panjang 500 meter.

Jembatan Charles Kuonen menawarkan pemandangan Alpen Swiss yang menakjubkan bagi mereka yang cukup berani untuk menyeberanginya. Jembatan sempit itu selesai hanya dalam 10 minggu dibuat oleh ‘Swissrope’.
Jembatan ini dikhususkan bagi pejalan kaki dan membentang membelah lembah menghubungkan dua desa Grächen dan Zermatt.

Jembatan ini berada di ketinggian sekitar 1.600-2.200 meter di atas permukaan laut. Pada titik tertinggi di atas lembah, jembatan ini menarik para petualang, pejalan kaki, dan pencari adrenalin yang paling berani.

Jembatan gantung Chatles Kounen, pegunungan Alpen, Swiss

Dilansir dari trendhunters. com yang mengungkapkan bahwa jembatan penyebrangan tersebut diresmikan pada 29 Juli 2017 di Randa, Swiss.

Jembatan yang menghubungkan kota Zermatt dan Grächen yang memang seringkali dijadikan sebagai destinasi hiking favorit para traveler.

Jembatan Charles Kuonen ini baru dibangun sebagai pengganti jembatan gantung tua Europabrücke yang sudah tidak berfungsi, yang telah rusak karena longsoran batu.

Alat penyeberangan ini disangga oleh kabel berdiameter dua inci dengan lebar jembatan yang tidak sampai 1 meter. Menggunakan 8 ton kabel, dan memiliki sistem yang mencegahnya dari efek berayun. Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk melewati jembatan gantung ini.

Jembatan gantung Kokonoe Yume, Jepang

3. Jembatan Kokonoe Yume
Jembatan Gantung Utama atau Yume secara harfiah berrati mimpi memiliki panjang 390 meter dan tinggi 173 m

Yume adalah jembatan gantung terbesar dan terpanjang di Jepang yang dibangun khusus untuk pejalan kaki.

Dari jembatan, Anda dapat melihat Air Terjun Shindonotaki dan Hutan Alam Kyusuikei. Lembah yang menyajikan berbagai bentuk keindahan di setiap musim.

Sky Park Sochi Rusia.

4. Sky Park Sochi
Sochi Skypark Bridge adalah jembatan gantung terpanjang di Rusia. Jembatan ini memiliki panjang 1.800 kaki di ketinggian 650 kaki si atas permukaan tanah.
Jembatan ini dibuat oleh kerja sama antara pihak Rusia dengan New Zealand. Sochi Skypark Bridge sebenarnya merupakan bagian dari AJ Hackett Sochi Skypark yang dibuka pada waktu yang bersamaan dengan waktu dibukanya tempat wisata.

Sochi Skypark Bridge ini memerlukan waktu yang cukup lama yakni sekitar dua tahun untuk bisa menyelesaikannya. Sebanyak 740 ton metal dan 2 ribu meter kubik beton digunakan untuk bisa membangun jembatan terpanjang tersebut.

Tak perlu khawatir Anda akan jatuh dari jembatan ini karena jembatan ini tahan gempa hingga 9 skala richter dan kapasitasnya sendiri pun sangat besar yang bisa menampung sebanyak 3.000 manusia di atasnya.

Jembatan langit Langkawi, Malaysia.

5. Jembatan Langit Langkawi
Jembatan langit atau Langkawi Skybridge adalah ikon pariwisata kota Langkawi, Malaysia. Bentuknya sangat unik, yaitu berupa lengkungan lebar di sekitar puncak gunung berhutan.

Jembatan Langit Langkawi di Malaysia menjadi prestasi teknik yang mengesankan.

Dibangun pada tahun 2005, jembatan baja untuk titian pejalan kaki yang memungkinkan pengunjung berjalan-jalan, melintasi hutan lebat di punggung Gunung Mat Chinchang. Setelah naik trem menuju kaki jembatan, wisatawan bisa segera menapak untuk melintasi hutan di tiga puncak gunung.

Jalur ini berdiri di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut (Mdpl), disangga oleh tiang besar tunggal dengan kabel baja tebal menahan badan jembatan. Saat pembangunannya, potongan-potongan jembatan diangkat ke gunung dengan menggunakan helikopter dan dibangun di ketinggian. Ini terlihat futuristik sekaligus “menakutkan”. Perpaduan angin dan ketinggian membuat wisatawan was-was.

Setelah dibuka selama beberapa tahun, ditutup pada 2012 untuk renovasi dan perbaikan. Sebagian dibuka kembali pada Februari 2015 dan sekarang dapat diakses sepenuhnya.

6. Highline 179

Highline 179 yang berada di Reutte, Austria ini menghubungkan reruntuhan Kastil Ehrenberg dengan Fort Claudia.

Jembatan itu memiliki panjang 403 meter dan ketinggian 110 meter yang berada di Reutte, Austria. (wsa)

Related Articles

Back to top button