Berita Bekasi Nomor Satu

Hard Rock Cafe Jakarta Bakal Tutup 31 Maret, PHRI Sebut Industri Kafe dan Restoran Belum Pulih

Pengunjung saat berada di Hard Rock Cafe Jakarta, Sabtu (11/3/2023). Hard Rock Cafe Jakarta yang berlokasi di Mall Pacific Place SCBD Jakarta akan tutup secara permanen pada 31 Maret 2023.FOTO: MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Mulai 31 Maret 2023, Hard Rock Cafe Jakarta akan tutup permanen.

Penutupan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, sewa 10 tahun kafe itu disebut sudah habis dan semakin tingginya syarat serta jumlah sewa baru.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menanggapi rencana tutupnya Hard Rock Cafe di Jakarta. Menurut dia, tutupnya kafe sebesar Hard Rock tidak bisa serta-merta dinilai karena mismanajemen.

BACA JUGA: Ritel Terus Meredup, Kini Giliran Restoran Cepat Saji Ini

Hard Rock Cafe, kata dia, adalah nama besar yang dikelola secara profesional sejak lama. ”Situasi yang kita hadapi saat ini kan belum bisa dikatakan pulih. Itu faktanya bahwa siapa saja bisa terdampak,” ujar Maulana.

Menurut dia, keterpurukan kinerja kafe dan restoran pada 2020 hingga tahun lalu masih menyisakan banyak masalah untuk industri tersebut. ”Kalau kita bicara masalah restoran yang berada di mal atau pusat perbelanjaan itu, biaya untuk mereka sewa sudah tinggi. Kalau mal tidak menarik crowd, tenant di situ pasti akan kesulitan,” beber Maulana.

Situasi saat ini memang mengalami peningkatan. Namun, pergerakannya tidak merata. Secara nasional tampak meningkat, tapi pertumbuhan per daerah belum merata. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin