BEKACITIZENOpini

Paud Karya Ummat Jakarta Barat Dapat Sumbangan Rancangan Logo Dari Dosen Seni Rupa UNJ

Oleh: Zaitun Y.A. Kherid, Dosen Pendidikan Seni Rupa, FBS, UNJ

Zaitun Y.A. Kherid

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PAUD Karya Ummat Jakarta Barat berdiri sejak tahun 2015, dengan ruang lingkup layanan diantaranya kelompok bermain (3-6 tahun), dan sekolah dasar kelas awal atau kelompok A-B (6-8 tahun). Selain itu, PAUD Karya Ummat pun berfokus pada layanan orang tua (Parenting) guna memberikan pemahaman kepada orang tua dalam  mengasuh, membimbing, serta mendidik anak usia dini dengan cara baik dan benar.  Namun sangat disayangkan PAUD Karya Ummat belum memiliki Logo, selama ini PAUD memakai logo Yayasan Karya Ummat. Logo Yayasan kurang mewakili karakteristik dari PAUD, sehingga berdasarkan permasalahan tersebut sebagai Dosen Seni Rupa UNJ Zaitun Y.A. Kherid, Indro Moerdisuroso, Mudjiati dan tiga mahasiswanya Naura Arrayan Dzakira, Fatimah Rahmah, dan Ahmad Khairul Rizal, dalam pengabdian kepada masyarakat tahun ini termotivasi untuk membuatkan logo untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Karya Ummat di Cengkareng, Jakarta Barat.

Rancangan logo PAUD Karya Ummat sumbangan dosen seni rupa UNJ, dan dalam proses HKI.

Gambar di atas merupakan Rancangan logo PAUD Karya Ummat dengan didasari prosedur riset yang terdiri dari unsur gambar empat figur ilustrasi anak-anak yang menggunakan beragam karakter menunjukan keberagaman dengan ekspresi wajah penuh keceriaan sesuai dengan karakeristik anak usia dini. Kemudian ilustrasi anak tersebut memegang pita besar di hadapannya dengan tulisan PAUD Karya Ummat. Tulisan PAUD, singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini, disusun dalam huruf kapital dengan jenis huruf One Trick Pony Regular yang memiliki berjenis huruf Bodoni, dan berkarakteristik riang. Jarak antar huruf dibuat renggang dan sedikit melengkung untuk menyeleraskan dengan ukuran pita. Di bawah pita besar terdapat tiga kata “Bermain-Belajar-Berdoa” merupakan tagline dari PAUD Karya Ummat yang berjenis huruf Excelsior Comics 3D Regular berjenis Bodoni dan memiliki kesan ceriah yang dibuat sedikit melengkung sehingga menyatu dengan lingkaran bentuk logo. Warna dasar logo biru sebagai warna Yayasan Karya Ummat, kemudian lingkaran terdapat kontur berwarna kuning sehingga memperkuat bentuk logo dengan memberikan perpaduan warna yang kontras. Kemudian di bawah logo tertadap keterangan alamat PAUD Karya Ummat, dengan jenis font One Trick Pony Regular dan pengaturan dengan central.

Kepala Sekolah PAUD Karya Ummat M. Husin Sani, S.Pd. sangat bahagia mendapatkan sumbangan logo ini. Tim UNJ kemudian mengeksekusi logo baru ke dalam neon box dan  membuatkan stationary, antara kop surat, stempel, kartu nama, amplop, map, ID dan Card, serta akan segera mengaplikasikannya dalam website mereka https://pkbm-karya-umat.business.site/. Sumbangan logo dan perangkat stationary ini diharapkan dapat memberikan nilai positif, keceriaan, dan daya tarik lebih bagi PAUD Karya Ummat. (*)

Related Articles

Back to top button