Pendidikan

Jadi Duta Hukum dan HAM

Budi Hardiyanto

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Budi Hardiyanto merupakan salah satu pelajar di Kota Bekasi yang menjadi Duta Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Jawa Barat. Baginya, sebuah amanah yang cukup besar untuk menjalankan tugas tersebut.

Sebelum terpilih menjadi Duta Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat, siswa SMKN 15 Kota Bekasi ini sudah terlebih dahulu menjalankan amanah di sekolahnya dengan divisi yang sama. Namun ketika itu Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH) membuka pendaftaran untuk menjadi salah satu anggotanya di tingkat Jawa Barat.

“Sebenarnya untuk awal saya sudah menjalankan amanah yang sama di sekolah, saya juga tidak tahu apa itu FPSH. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk ikut dan berhasil lolos,” ungkap siswa berusia 18 tahun ini.

Menjalani organisasi ini merupakan hal baru bagi pelajar yang akrab disapa Budi ini. Selain dapat menjadi salah satu motivasinya, banyak hal lain yang bisa didapatkan seperti menambah relasi dan melatih kepercayaan diri.

“Saya tertarik dengan sesuatu yang baru, berhubung FPSH ini merupakan hal yang  baru bagi saya, jadi kenapa saya tidak mencoba dan saya nyaman dengan organisasi ini. Karena ini tentang hukum, dan saya melihat anak-anak di Indonesia terutama Kota Bekasi masih banyak yang melanggar hukum atau keluar dari jalur yang semestinya,” ucapnya.

Saat ini perannya menjadi Duta Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat tentu menjadi sebuah contoh bagi teman-teman sebayanya untuk menjadi lebih baik dan mengajak teman-teman sadar akan hukum.

“Jika kita menanamkan kesadaran hukum sejak dini, insya allah kehidupan kita kedepannya akan menjadi lebih baik dan akan terus merasa aman,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button