Dukung UMKM Terus Maju, APRINDO Gelar Bazar Virtual

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) menggelar bazar virtual .

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) menggelar bazar virtual sebagai upaya untuk mendorong usaha mikro dan kecil terutama di kala pandemi saat ini untuk terus maju dan tangguh menghadapi situasi sulit dan persaingan yang semakin ketat.

Pada 11 November 2021 lalu bertepatan dengan Hari Ritel Nasional, APRINDO telah mengawali pembukaan rangkaian kegiatan mulai dari webinar, bazar offline dan virtual yang ditujukan untuk UKM. Pembukaan tersebut dilakukan di AEON MAL di Jakarta Garden City yang dihadiri oleh Mentri Perdagangan Muhamad Lutfi.


Ketua Umum APRINDO, Roy N. Mandey mengatakan, di balik musibah pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia dan dunia, percepatan transformasi ke dunia digital dan online tidak terelakkan dan digunakan di semua sektor mulai dari pemerintahan, pendidikan dan dunia usaha.

Tidak terkecuali acara-acara virtual lainnya seperti pameran dan bazar yang sudah mulai menjadi kebutuhan dikarenakan sifatnya yang efisien, jangkauan nasional dan global, aman, murah dan memudahkan baik untuk peserta bazar virtual maupun untuk pembeli. Ke depan, kebutuhan even-even ini akan bersifat hybrid, diselenggarakan bersamaan offline dan online.


Bazar Virtual HRN 2021 ini yang diselenggarakan mulai 11 November dan akan berakhir 31 Desember 2021 menjawab hal tersebut di atas, diikuti oleh 149 peserta UKM dan akan bertambah hingga 200 peserta UKM yang berasal dari Sumatra, DKI, Jabar, Jateng, Jogja, Jatim dan Sulawesi.

Sebanyak 75 UMKM di antaranya berpartisipasi dengan menggunakan solusi Olshop.ai dari Botika, mitra sponsor utama Hari Ritel Nasional 2021 Microsoft. Dengan solusi ini, mitra UMKM cukup mengunggah produk mereka, lalu sudah akan memiliki asisten/bot untuk menjawab pesanan pelanggan dan memproses pembelian yang masuk di bazar virtual.

“Digitalisasi ini mampu mendukung efektivitas kerja UMKM dan dapat meningkatkan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi konsumen,” ujarnya.

Bersama APRINDO, Microsoft juga terus mendukung transformasi digital untuk UMKM Indonesia melalui berbagai solusi teknologi dan pelatihan-pelatihan yang langsung menyentuh kebutuhan UMKM dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan terintegrasi. Hal ini sejalan dengan upaya APRINDO untuk mendukung literasi digital dan sosialisasi yang berkelanjutan kepada para UMKM agar terus berkembang maju dan tangguh menghadapi disrupsi ekonomi dan transformasi digital.

Pada 25 November 2021 seluruh Hall Bazar Virtual HRN 2021 sudah terbuka, yang terdiri dari Main Hall, Hall 1 dan Hall 2. Salah satu yang menarik dari Bazar Virtual 2021 ini adalah dukungan 2 (dua) organisasi besar yang turut mengajak para anggotanya juga menjadi bagian dari peserta UKM yaitu Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI).

“Sesuai dengan tagline HRN 2021 yaitu “Ritel Tangguh, UKM Maju, Indonesia Bangkit”, tanpa UKM yang maju, maka peran ritel dalam membuat Indonesia bertahan, bangkit dan tumbuh tidak akan terwujud. Untuk itu APRINDO mengajak seluruh masyarakat dan komponen bangsa untuk Bangga Buatan Indonesia dalam memajukan UKM dan ketahanan ekonomi kita,” tukasnya.

Bazar Virtual HRN 2021 dapat dikunjungi melalui https://aprindo.org/HRN-VirtualExhibition/ atau untuk melihat daftar peserta ke: https://virtuinc.id/hari-ritel-nasional/ dan temukan kecanggihannya dan dapati produk-produk khas dan unik dari daerah-daerah. (oke)