Rombongan Massa Reuni 212 Diputar Balik

PENYEKATAN: Petugas gabungan TNI dan Polri memeriksa pengendara motor yang melintas di Kalimalang perbatasan Bekasi dan Jakarta Timur, Kamis (2/12). Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mencegah kerumunan massa aksi reuni 212 yang akan memasuki wilayah Jakarta. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN- Ratusan petugas gabungan yang terdiri dari Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 05/07 Bekasi, serta Satpol PP Kota Bekasi melakukan penyekatan atau filterisasi kendaraan yang menuju ke arah Jakarta di 16 titik.

Salah satunya berada di Tol Bekasi Barat, Timur, Jatiasih, Jatibening, Harapan Indah, Sumber Artha, dan beberapa jalan lainnya. Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi mengatakan, filterisasi tersebut dilakukan sejak pukul 00.00.


“Dari tadi malam, pukul 12.00 (kemarin)  Polres Metro Bekasi Kota melakukan filterisasi untuk melarang massa berangkat ke Jakarta melakukan Reuni 212,” kata Aloy sapaan akrabnya kepada wartawan, Kamis (2/12).

Lanjut dia, saat dilakukan filterisasi massa dari Kota Bekasi yang ingin menghadiri reuni 212 yang berlangsung di patung kuda DKI Jakarta. satu bus yang berisi 59 orang di putar balik oleh petugas gabungan saat ingin memasuki pintu Tol Bekasi Barat pagi hari.


“Ya saat kita putar balik Jamaah FSMM sangat kecewa karena tidak diperbolehkan untuk menghadiri Reuni 212 di Patung Kuda Jakarta. Setelah kendaraan bus yang membawa Jamaah FSMM Bekasi Utara sampai di pintu Tol Bekasi Barat tidak boleh masuk jalan Tol dan disarankan kembali ke lokasi semula pemberangkatan,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan penyekat atau filterisasi tersebut dilaksanakan guna menghindari adanya kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

“Karena kita sadari bahwasanya masih dalam situasi pandemi Covid-19 supaya tidak terjadi kerumunan massa di wilayah DKI Jakarta,” ujarnya

Selain itu, pihaknya juga melakukan penjagaan di Islamic Centre, yang merupakan titik keberangkatan jamaah massa Reuni 212. Pengerahan personel juga dilakukan sejak Rabu malam.

“Titik keberangkatan dari pada masa aksi yakni di Islamic Centre, yang merupakan titik kumpul massa, namun sampai saat ini tidak ada masa aksi. Artinya masyarakat Kota Bekasi tidak ada yang berangkat,” terangnya.

Lebih lanjut kata dia, sampai dengan saat ini pihaknya belum mendapatkan massa aksi Reuni 212 yang akan melakukan perjalanan ke wilayah DKI Jakarta.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat yang melakukan aksi untuk menahan diri karena masih dalam status pandemi Covid-19.

“Sampai pagi hari ini kita belum ditemukan massa aksi yang berangkat ke wilayah Jakarta. Mudah-mudahan tidak ada warga Kota Bekasi berangkat ke DKI Jakarta,” ungkapnya. (pay)