Metropolis

Genjot Vaksinasi Lansia

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Pemerintah Kota Bekasi mencatat vaksinasi orang lanjut usia (Lansia) masih dibawah target 60 persen. Sejauh ini vaksinasi lansia berada di angka 56,1 persen atau 87.603 jiwa yang tervaksinasi dari target 156.149 jiwa.

Ada beberapa faktor yang membuat percepatan vaksinasi untuk lansia terkendala. Adanya penyakit penyerta atau komorbid membuat lansia khawatir mengikuti proses vaksinasi.

Mendorong pemerataan vaksinasi Lansia, Pemkot Bekasi berencana menghelat Gebyar Vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan untuk lansia dan orang yang memiliki riwayat penyakit penyerta. Rencananya gebyar vaksinasi ini dihelat 11 dan 12 Desember 2021 di Gate 11 dan 12 Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

 Dengan gebyar vaksin ini diharapkan peserta merasa tenang dan yakin untuk mengikuti vaksinasi karena akan didampingi oleh dokter spesialis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menyampaikan Gebyar Vaksinasi Lansia dan orang dengan riwayat komorbid dibuka untuk dosis pertama dan kedua.  “Gebyar Vaksinasi untuk lansia dan orang dengan riwayat penyakit komorbid nantinya dibuka dosis pertama maupun dosis kedua baik untuk warga dengan KTP Kota Bekasi dan KTP luar Kota Bekasi dengan jenis vaksin Sinovac,” ujarnya.

Dia menambahkan, pendaftaran hanya dapat dilakukan dengan mengisi formulir secara online pada link https://bit.ly/SentraVaksinasiLansiaKomorbid sebelum hari H pelaksanaan dan datang membawa fotocopy KK dan KTP.

Sebelum disuntik vaksin, lansia dan orang dengan riwayat penyakit komorbid akan mendapat pendampingan dari dokter spesialis yang telah siapkan.

“Akan disiapkan dokter spesialis dari RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid dan RSUD Tipe D untuk pemeriksaan menyeluruh dan detail saat skrining kesehatan, dan agar seluruh calon penerima vaksin jujur saat ditanya oleh dokter sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Tanti. (one)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button